Kesehatan

Jika Anda Mau, Inilah Keajaiban Dari Tumbuhan Berduri Ini

on

Jambur.com,Jakarta – Siapa yang tak mengenal tumbuhan yang satu ini? Tentu anda sudah tahu dan sangat mengenal tumbuhan yg satu ini. Daunnya suka mengatup otomatis ketika disentuh

Dulu, pasti kita sering memainkan tumbuhan ini. Putri malu, ya tumbuhan inilah yang kaya manfaat tersebut. Putri malu dengan nama latin Mimosa Pudica.

Mengapa disebut putri malu? Karena daun ini suka menutup daunnya ketika disentuh. Pada dasarnya, tumbuhan ini akan menutup daunnya ketika matahari terbenam dan akan otomastis membuka kembali ketika ia mendapat sinar matahari.

Tumbuhan ini memiliki kandungan Tanin, Mimosin dan Asam Pipekolinat. Kandungan tersebut yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit yg tergolong sulit disembuhkan,diantaranya :

1.Mengobati luka diabetes
2.Mengobati batuk
3.Menyembuhkan Hepatitis
4.Menghilangkan racun
5.Mengatasi Insomnia
6.Mengatasi rematik
7.Mencegah pendrahan dan infeksi

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Brawijaya Malang, yang dipimpin oleh Adhi Satrio Utomo.

Para ahli mengungkapkan bahwa putri malu mampu menyembuhkan luka dengan cepat, baik pada penderita diabetes ataupun non diabetes.

Begitu pula informasi dari global healing center ditemukan bahwa ramuan putri malu bisa digunakan untuk meredakan batuk.

Pada tahun 1984 ada sebuah peristiwa di San Juanico yang hampir membakar 5000 orang cidera luka bakar. Para Ahli kesehatan setempat memanfaatkan salep putri malu sebagai media penyembuhan dari luka bakar tersebut.

Caranya penggunaannya sangat mudah, bisa direbus dan diambil airnya atau ditumbuk dan digunakan sebagai obat luka.

Untuk perhatian, bagi wanita hamil dilarang mengkonsumsi tanaman ini, karena akan berakibat membahayakan janin dan muntah-muntah.

Catatan paling penting adalah meskipun  putri malu banyak khasiatnya, mengkonsumsi putri malu harus memiliki resep berdasarkan arahan dari Ahli Herbal atau Dokter. Mengapa? Karena putri malu juga mengandung racun jika dikonsumsi terlalu berlebihan.

Kesimpulannya adalah tumbuhan putri malu manfaatnya sangat baik, namun dibalik dari manfaatnya harus juga melalui arahan dari Ahli atau Dokter.

About Valentina Fransiska

Ayo Membaca!

Recommended for you