Kesehatan

Mudah Didapat Dan Harga Terjangkau, Berikut 10 Manfaat Nanas Untuk Kesehatan Anda

on

Jambur.com – Nanas adalah salah satu tanaman tropis yang tingginya mencapai 5-8 kaki dan menyebar sekitar radius 3-4 kaki, daunnya berujung jarum, dan kulit buahnya kasar dan sedikit tajam. Secara ilmiah, buah ini dikenal dengan nama Ananas Comosus dan termasuk famili Bromeliaceae, dalam genus Ananas. Manfaat buah nanas sangat beragam, dan telah banyak diteliti oleh para ahli.

Berikut 10 manfaat buah nanas untuk kesehatan anda:

1. Membantu Mengobati Radang Sendi

Salah satu manfaat buah nanas yang paling terkenal dalam dunia kesehatan adalah kemampuannya dalam Aku  peradangan sendi dan otot, terutama yang berhubungan dengan artritis. Atritismerupakan penyakit yang benar-benar membuat penderitanya tersiksa karena terjadi pembengkakan, kekakuan, dan keterbatasan bergerak.

Nanas mengandung enzim proteolitik yang disebut bromelain, yang berperan dalam reaksi pemecahan protein kompleks, selain itu juga memiliki efek antiinflamasi. Jadi mulailah mengonsumsi nanas untuk kesehatan sendi Anda.

2. Meningkatkan Imunitas

Satu porsi buah nanas memiliki lebih dari 130% kebutuhan vitamin C setiap hari bagi manusia, menjadikannya salah satu sumber asam askorbat terkaya dan paling lezat. Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi efek berbahaya dari radikal bebas.

3. Menciptakan Kolagen

Manfaat buah nanas lainnya adalah terdapatnya kandungan vitamin C yang tinggi pada buahnya. Tahukah Anda salah satu manfaat vitamin C yang sering diabaikan? ya, peran pentingnya dalam menciptakan kolagen. Kolagen merupakan basis protein penting dari dinding pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah nanas juga dapat membantu Anda menyembuhkan luka pada tubuh dengan cepat, sekaligus membantu mempertahankan diri terhadap infeksi dan penyakit.

4. Mencegah Kanker

Selain memiliki antioksidan vitamin C juga dapat memerangi kanker, nanas juga kaya akan berbagai antioksidan lainnya, termasuk vitamin A, beta karotenbromelain, berbagai senyawa flavonoid, dan mangan yang tinggi. Dalam sejumlah penelitian, nanas memiliki kemampuan yang secara langsung berhubungan dengan pencegahan kanker pada mulut, tenggorokan, dan payudara.

5. Menunjang Kesehatan Pencernaan

Seperti kebanyakan buah pada umumnya, nanas adalah sumber serat yang kaya, tapi ada hal yang membuat nanas istimewa karena buah ini mengandung serat larut dan tidak larut. Hal ini menjadi pertanda baik, karena dengan rutin mengonsumsi nanas dapat melindungi Anda dari berbagai gangguan pencernaan, termasuk konstipasi, diare, sindrom iritasi usus besar, serta penyakit aterosklorosis dan pembekuan darah.

6. Membantu Mengobati Batuk dan Pilek

Enzim khusus bromelain yang terkandung pada buah nanas diketahui dapat mengurangi dahak dan lendir yang terbentuk di saluran pernafasan dan rongga sinus. Oleh karena itu, untuk Anda yang sedang mengalami batuk atau pun pilek konsumsilah nanas, karena nanas bermanfaat untuk membantu Anda melenyapkan penyakit tersebut dari dalam tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Meskipun nanas tidak memiliki begitu banyak kandungan kalsium, namun nanas memiliki jumlah mangan yang mengesankan, yang merupakan mineral lain yang memiliki peran penting dalam memperkuat tulang, sekaligus membantu pertumbuhan dan perbaikan pada tulang. Mangan adalah mineral nanas yang paling menonjol, dan satu porsi nanas bisa menghasilkan lebih dari 70% kebutuhan sehari-hari Anda untuk mineral penting ini.

8. Menjaga Kesehatan Mulut

Selain memiliki senyawa antioksidan yang berfungsi melindungi dari kanker mulut, nanas juga memiliki kandungan astringent yang dapat memperkuat gigi dan gusi. Selain itu, kandungan astringent pada nanas juga dapat mencegah terjadinya rambut rontok, kelemahan otot, dan kulit kendur.

9. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Penglihatan adalah salah satu indra terpenting bagi manusia, dan salah satu manfaat nanas yang telah terbukti adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan mata dan membantu mencegah terjadinya kerabunan. Degenerasi makula mempengaruhi penglihatan orang lanjut usia, dan beta karoten dapat membantu Anda mengurangi masalah ini.

Menjaga jumlah beta karoten dalam makanan Anda merupakan hal yang sangat penting, oleh sebab itu perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran jika Anda benar-benar masih ingin memiliki penglihatan yang baik di usia senja.

10. Membantu Mengatur Tekanan Darah

Nanas memiliki sumber mineral yang sangat berharga, salah satunya adalah potassium (kalium). Potassium adalah salah satu mineral terpenting di tubuh kita, dan kekurangan kalium dapat menyebabkan berbagai bahaya kesehatan. Salah satu fungsi potassium yang paling penting adalah sebagai vasodilator, yang dapat meminimalisir terjadinya ketegangan dan tekanan pada pembuluh darah dan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai bagian tubuh.

Bila pembuluh darah Anda rileks, tekanan darah Anda berkurang dan aliran darah lancar, hal itu dapat membantu Anda mencegah terjadinya aterosklerosis, serangan jantung dan stroke.

About Valentina Fransiska

Ayo Membaca!

Recommended for you