Berita

Game Tiang Listrik Diunduh Lebih Dari 200.000 Orang Dalam Waktu Lima Hari

on

Jambur.com,Yogyakarta-Game tiang listrik kini menjadi tren dan populer setelah ternyadinya kecelakaan tunggal mobil yang dinaiki oleh Ketua DPR RI Setya Novanto. Tercatat pada hari Selasa (21/11/2017) siang, game tersebut telah di download sebanyak 200.000 kali.

Frida Dwi (32) pembuat game “Tiang Listrik” menunjukkan game Tiang listrik di Yogyakarta, Minggu (19/11). Game android Tiang Listrik yang dirilis sejak dua hari lalu itu terinspirasi oleh kecelakaan Setyo Novanto yang viral di sosial media dan dalam dua jam pertama setelah dirilis pada Jumat, 17 November 2017 pukul 15.00 WIB, game Tiang Listrik sudah diunduh 200.000 kali.

Frida Dwi (32) sosok yang menciptakan game tiang listrik mengatakan, pada mulanya dia melihat trending topic dengan keyword “Tiang Listrik” dan kemudian lahir ide untuk membuat game tersebut.

“Awalnya melihat trending topic ‘Tiang Listrik’, lalu kepikiran untuk menjadikan game. Selain itu, saya juga menganalisis perkembangan game ini untuk riset pemasaran,” ujar Frida, Selasa (21/11/2017).

Frida mengatakan, pembuatan game tiang listrik tersebut sekaligus memiliki tujuan untuk data riset komunitas. Riset tersebut nantinya digunakan untuk mengetahui dinamika game yang dibuat berdasarkan momentum dan mengetahui dalam jangka waktu berapa lama dapat bertahan.

Riset tersebut nantinya dibagikan kepada komunitas pengembang game bernama Gamelan di Yogyakarta.

“Ada dua game viral, yakni mbaktin ekstrak kulit manggis dan suster ngesot, tapi tidak sempat saya analisis,” kata Frida.

Game tiang listrik tersebut tidak hanya dibuat sendiri oleh Frida. Dia ditemani oleh Estu Galih (30). Proses pembuatan game tersebut relatif sederhana karena cuma memakai dua scene. Game tiang listrik kini dapat diunduh di Google Play Store bagi pengguna ponsel berbasis Android di Indonesia.

“Total pengerjaannya memakan waktu lebih kurang 7 jam,” ujar Frida.

Setelah diluncurkan pada hari Jumat, (17/11/2017) kemarin, sampai saat ini telah banyak orang yang mengunduh game tersebut dan tealh tercatat diunduh oleh 200.000 orang.

“Gamers Tiang Listrik akan ditantang untuk menabrak tiang listrik sebanyak-banyaknya. Sampai siang ini sudah menembus angka 200.000 download,” kata Frida.

Frida mulai belajar membuat game sejak 2007 dan belajar otodidak lewat internet dan banyak dibantu komunitas Gamedevid (GDI). Dia memutuskan fokus berkarier di bidang game development dan bekerja secara online di perusahaan luar negeri selama beberapa tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk membuat studio game bersama teman-teman pada tahun 2012.

“Noobzilla adalah tim development game saya yang terakhir, kami start di awal 2017. Ada lebih dari 50 game, tapi yang dirilis atas nama Noobzilla ada lima,” ujar Frida.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you