Berita

Mau Kenal Lebih Dekat Dengan Sosok Jonru, Berikut Profilnya

on

Jambur.com-Belakangan ini kerap hangat dibicarakan terkait maraknya ujaran kebencian di media sosial halal haram Saracen.  Dan salah satu televisi swasta dalam acara Indonesia Lawyer Club (ILC) menghadirkan salah satu pembicara sekaligus aktivis media sosial yaitu Jonru Ginting.
Dalam diskusi yang dibawakan oleh Karni Ilyas tersebut, terlibat debat seru antara Pemenang I Lomba Cipta Cerpen Anita Cemerlang tersebut dengan Akbar Faizal (politisi partai NasDem) yang akhirnya berujung pada pelaporan kepada pihak Kepolisian terkait postingan Jonru Ginting tentang orang tua Presiden Jokowi yang belum jelas kebenarannya.
Berikut ini profil dari penulis, aktivis media sosial Jonru Ginting.

Jon Riah Ukur Ginting.

Jonru Ginting.
Kategori
Penulis, Aktivis.

Islam.


Kabanjahe, Karo,  Sumatera Utara.


Senin, 7 Desember 1970.


Sagitarius.


Indonesia.

Istri/pasangan hidup

Hendra Yulianti
Anak:
1.Alifta Rasyida Ginting.
2.Muhammad Syafiq Ibrahim Ginting
3.Hanna Meutia Hafizha Ginting
Biografi:

Jon Riah Ukur Ginting alias Jonru Ginting adalah seorang aktivis di media sosial. Dia terlahir dengan nama Jon Riah Ukur Ginting. Pria kelahiran Kabanjahe, Karo,Sumatera Utara, 7 Desember 1970 ini memiliki hobbi menulis sejak dia masih duduk di bangku SD.

Pada tahun 1990, dia mulai mendalami dunia menulis dengan menggunakan nama Jonru. Saat itu juga dia aktif dalam dunia jurnalistik, hingga menjadi pengelola pers kampus.

Jonru menyelesaikan studi S1 ​​di Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Diponegoro, Semarang. Selain aktif di dunia jurnalistik, dia juga mendirikan beberapa media on line seperti Penulislepas.com, Belajarmenulis.com, Ajangkita.com, dan pelopor menulis via internet di indonesia Sekolahmenulisonline.com, dan sekaligus juga pendiri layanan self publishing Dapurbuku.com.

Sederet penghargaan terkait dunia penulis pun pernah diraihnya seperti,  pemenang juara 1 Lomba Cipta Cerpen Anita Cemerlang tahun 1994 dan Juara Tahunan (Super Blog) Internet Sehat Blog Award 2009.

Jonru juga menerbitkan beberapa buku seperti, Novel Cinta Tak Terlerai (Mizan, 2005), Kumpulan cerpen Cowok di Seberang Jendela (Lingkar Pena Publishing House, 2005), Menerbitkan Buku Itu Gampang! (Tiga Serangkai, 2008. Segera terbit edisi revisi, terbitan Dapur Buku), Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat (cetakan ke-4 oleh Dapur Buku, 2013), Sekuler Loe Gue End (Buku Dapur, 2013), ditulis bersama Akmal Sjafril dan Abdurrahman Abu Aisyah, Sembuh dan Sukses dengan Terapi Menulis (Cetakan ke-2 oleh Dapur Buku, 2013), ditulis bersama dr. Dito Anugoro, Epri Tsaqib, dan lebih dari 90 penulis testimoni terapi menulis, Pancasila, Apa Kabar? (Dapur Buku, 2013), ditulis bersama Edi Santoso dan para pemenang Lomba Menulis Blog Pusaka Indonesia 2013, dan Novel Cinta Tak Sempurna (Dapur Buku, 2014).

Jonru menikah dengan Hendra Yulianti dan memiliki 3 orang anak bernama Alifia Rasyida Ginting, Muhammad Syafiq Ibrahim Ginting, dan Hanna Meutia Hafizha Ginting.

PENDIDIKAN

  • S1 FE-Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang
KARIR

  • Pendiri PenulisLepas.com
  • Pendiri BelajarMenulis.com
  • Pendiri Ajangkita.com
  • Pelopor menulis via internet di indonesia SekolahMenulisOnline.com
  • Pendiri layanan self publishing DapurBuku.com
  • Administrator web dan pengelola konten  Mizan.com (2007-2008)
PENGHARGAAN

Penghargaan:

  • Pemenang I Lomba Cipta Cerpen Anita Cemerlang tahun 1994
  • Juara Tahunan (Super Blog) Internet Sehat Blog Award 2009

Karya Buku:

  • Novel Cinta Tak Terlerai (DAR! Mizan, 2005)
  • Kumpulan cerpen Cowok di Seberang Jendela (Lingkar Pena Publishing House, 2005)
  • Menerbitkan Buku Itu Gampang! (Tiga Serangkai, 2008. Segera terbit edisi revisi, terbitan buku dapur)
  • Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat (cetakan ke-4 oleh Dapur Buku, 2013)
  • Sekuler Loe Gue End (Dapur Buku, 2013), ditulis bersama Akmal Sjafril dan Abdurrahman Abu Aisyah
  • Sembuh dan Sukses dengan Terapi Menulis (Cetakan ke-2 oleh Dapur Buku, 2013), ditulis bersama dr. Dito Anugoro, Epri Tsaqib, dan lebih dari 90 penulis testimoni terapi
  • Pancasila, Apa Kabar? (Dapur Buku, 2013), ditulis bersama Edi Santoso dan para pemenang Lomba Menulis Blog Pusaka Indonesia 2013.
  • Novel Cinta Tak Sempurna (Dapur Buku, 2014).

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you