Hukum

Novanto Lepas Dari Setatus Tersangka, Jokowi Enggan Komentar

on

 

Jambur.com – Ada apa dengan hukum Indonesia. Setya Novanto lolos dari tersangka kasus mega korupsi Kartu Tanda Penduduk Elektronik. Padahal KPK mengatakan sudah memiliki bukti yang cukup untuk menetapkan status tersangka Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (DPR RI) tersebut.

Hakim sidang praperadilan Cepi Iskandar memutuskan status tersangka Novanto tidak sah dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat 30 September yang lalu. Selain memutuskan status tersangka Novanto tidak sah, hakim Cepi juga memutuskan supaya KPK menghentikan penyidikan terhadap Setya Novanto.

Putusan Hakim Cepi dinilai mencederai azas keadilan di masyarakat. Putusan yang dinilai kontroversial itu menjadi perbincangan di tengah masyarakat. Kelompok sipil antikorupsi melakukan unjuk rasa bertepatan dengan Car Free Day, Minggu ini. Seluruh massa mengenakan pakaian serba hitam sebagai ungkapan kekecewaannya atas putusan Hakim Cepi tersebut.

“Jangan sampai ada kekebalan hukum di Indonesia. Semua orang seharusnya bisa diproses secara hukum,” ujar Ahmad Sadjali, seorang pengunjuk rasa.

Disamping itu, masyarakat berharap supaya Presiden Joko Widodo berbuat sesuatu atas persoalan tersebut. Karna keputusan hakim Cepi dianggap sangat mencederai hati rakyat. Ditambah lagi dengan, selama ini Jokowi mengatakan tidak akan membiarkan KPK dilemahkan.

Namun Presiden Joko Widodo enggan memberikan komentar mengenai lolosnya Ketua DPR RI Setya Novanto dari jeratan hukum dugaan korupsi proyek e-KTP.

“Itu tanyakan saja ke KPK,” ujar Jokowi di Kompleks Museum Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (1/10/2017).

About Elfanta Purba

Penulis Lepas Tentang Politik, Tips dan Trik

Recommended for you