Hukum

Cak Imin: Konflik Rohingya Bukan Karna Agama

on

Jamabur.com – Kekerasan dan pembunuhan terhadap etnis Rohingnya di Myanmar mendapat sorotan dunia. Banyak pendapat tentang latar belakang dari maslah kemanusiaan tersebut. Di Indonesia sendiri sangat banyak masyarakat yang menduga bahwa persoalan tesebut dilatar belakangi oleh agama.

Namun dugaan itu dibantah oleh Muhaimin Iskandar. Politisi yang kerap disapa Cak Imin ini angkat bicara terkait peristiwa kekerasan dan pembunuhan yang dialami warga Rohingya di Myanmar satu tahun belakangan ini. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut menegaskan bahwa peristiwa kekerasan yang terjadi tersebut tidak ada kaitannya dengan konflik agama antara umat Islam dan Budha.

“Ini perlu kami sampaikan supaya jangan peristiwa di Myanmar disalahpahami sebagai konflik agama. Ini tidak ada kaitannya dengan konflik agama,” ujar Muhaimin saat menghadiri dialog dengan para Bhiksu dan pemuka agama Budha di Wihara Dharma Bakti, Glodok, Jakarta Barat, Minggu (3/9/2017).

Cak Imin itu mengatakan, tidak bisa dipungkiri sejak peristiwa kekerasan terhadap warga Rohingya terjadi satu tahun lalu, banyak pihak yang mengaitkannya dengan isu agama. Mengingat mayoritas masyarakat Myanmar memeluk agama Budha dan Rohingya beragama Islam.

Namun, lanjut Cak Imin, tindak kekerasan pemerintah Myanmar justru mendapat kecaman dari seluruh tokoh agama, tidak terkecuali pemuka agama Budha di Indonesia.

“Hari ini yang punya akses ke sana adalah Indonesia, dan Indonesia akan all out membantu seluruh persoalan yang dihadapi warga Rohingya,” kata Cak Imin, Sebagaimana dikutip dari Kompas.com, (3/9/17).

About Elfanta Purba

Penulis Lepas Tentang Politik, Tips dan Trik

Recommended for you