Berita

Mantan Pemain Terbaik Dunia 1995 Terpilih Sebagai Presiden Liberia

on

Jambur.com-George Weah kini telah terpilih sebagai Presiden Liberia. Weah memperoleh kemenangan pada Pilpres putaran kedua setelah mantan striker AC Milan tersebut memperoleh 61,5 % suara dari 98,1 % surat suara yang sah dihitung.

Karier Weah dari dunia sepakbola menuju  dunia politik telah berlangsung sejak 2005 lalu atau dua tahun setelah memutuskan pensiun.

Sebelum memutuskan pensiun dari dunia sepak bola dan memulai pertarungan baru dalam arena politik, Weah mempunyai banyak momen yang membuat namanya dikenal di era 1990-an.

Saat masih membela klub AC Milan, pemain yang membela timnas Liberia sejak 1987 sampai 2003 tersebut pernah mencetak gol fantastis. Weah melakukan skill dribel yang panjang dari kotak penalti Milan sampai pada kotak penalti Verona. Weah berhasil memperdaya seluruh pemain lawan hingga berhasil mencetak gol. Weah turut membantu Rossoneri menang dengan skor telak 4-1.

 

Selain menciptakan gol-gol luar biasa pada  musim 1996-1997, torehan Weah dalam dunia sepak bola membuat dia kemudian masuk ke dalam daftar 100 pesepakbola terbaik pada FIFA 100 yang ditentukan oleh legenda sepak bola Pele.

Weah mulai dikenal setelah didatangkan oleh pelatih Arsene Wenger dari Afrika ke klub AS Monaco pada 1988. Weah kemudian melanjutkan kariernya di Paris Saint-Germain (PSG).

Setelah berhasil memberikan gelar juara liga, kepiawaian Weah yang menjadi juru kunci PSG terbukti dengan gelar pencetak gol terbanyak di Liga Champions.

Selanjutnya Weah terpilih sebagai pemain terbaik FIFA dan Ballon d’Or tahun 1995. Sampai saat ini Weah merupakan satu-satunya pesepak bola dari Afrika yang memenangi dua gelar individu bergengsi tersebut.

AC Milan yang berstatus sebagai klub raksasa dunia tertarik pada Weah dan berhasil mendatangkannya dari PSG. Bersama Il Diavolo Rosso, pemain yang dijuluki ‘King George’ berhasil mempersembahkan dua gelar Serie A pada AC Milan.

Setelah melewati masa keemasan, Weah juga pernah memperkuat Chelsea, Manchester City dan Olympique Marseille hingga akhirnya memutuskan pensiun di klub Al Jazira.

Sedangkan pada level internasional bersama timnas Liberia, Weah belum berhasil mempersembahkan gelar bergengsi. Lone Stars gagal dan tidak pernah tampil di Piala Dunia dan hanya dua kali tampil pada putaran final Piala Afrika.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you