Berita

Timnas Indonesia U-19 Kembali Tekuk Myanmar Di Perebutan Juara Ketiga Piala AFF U-18

on

Jambur.com,Sport- Timnas U-19 Indonesia berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor 7-1 dalam perebutan peringkat ketiga Piala AFF U-18 di Stadion Thuwunna, Yangon, Minggu (17/9/2017).

Adapun 7 gol tersebut dicetak oleh Muhammad Rafli Mursalim pada menit ke-13 dan (59′), Witan Sulaeman pada menit ke-27, Egy Maulana Vikri (34′, 85′), dan Hanis Saghara (73′, 92′). Sementara gol Myanmar dicetak oleh Kaung Khant di menit ke-91.

Dengan kemenangan ini, Garuda Nusantara, julukan timnas U-19 Indonesia, meraih juara ketiga pada ajang Piala AFF U-18.

Egy Maulana Vikri, yang pada laga ini menjadi kapten tim, memberi umpan datar ke tengah yang berhasil disambut dengan baik oleh Rafli. Tendangan Rafli berhasil menembus gawang Myanmar. Garuda Nusantara pun unggul 1-0.

Myanmar terus mencoba menekan pertahanan Indonesia. Kiper Indonesia, Aqil, beberapa kali berhasil mengantisipasi arah bola yang mengarah ke gawangnya. Penyerang Myanmar Win Naing Tun, melakukan akselerasi, tetapi Nurhidayat berhasil melakukan blok.

Indonesia melakukan serangan balik di tengah serangan Myanmar. Pada menit ke-27, Indonesia berhasil menggandakan keunggulan. Bermula dari umpan terobosan Asnawi Mangkualam, Witan berhasil menguasai bola hingga tinggal berhadapan dengan kiper.

Tendangan datar kaki kanan Witan mengecoh kiper dan masuk ke gawang lawan. Skor pun berubah 2-0 untuk Indonesia.

Garuda Nusantara kembali menambah keunggulan pada menit ke-34. Kerja sama yang baik antara Rafli, Witan, dan dituntaskan oleh Egy menjadi proses dalam gol ketiga ini.

Menguasai bola, Rafli melakukan akselerasi ke dalam kotak penalti lawan. Dia kemudian memberi umpan lwmbung kepada Witan yang berada di tengah kotak penalti lawan. Tanpa penjagaan, Egy Vikri berhasil menyundul bola dan masuk ke gawang Myanmar. Indonesia pun unggul 3-0.

Pada menit ke-39, Asnawi Mangkualam dilanggar keras oleh Soe Moe Kyaw. Atas pelanggarannya itu, dia mendapat kartu kuning.Pada menit ke-41, Nurhidayat mengalami cedera. Dia pun digantikan oleh Kadek. Setelah itu, babak pertama pun berakhir dengan keunggulan 3-0 Indonesia atas Myanmar.

Pada awal babak kedua, Indonesia beberapa kali mendapat tekanan. Tendangan sudut lawan menekan lini pertahanan Garuda Nusantara.

Indonesia kembali melakukan serangan,bermula dari umpan Egy, Rafli berhasil menguasai bola dan tendangannya berhasil menembus gawang lawan. Indonesia pun unggul 4-0.

Namun, setelah itu, Rafli harus ditarik keluar karena mendapat pelanggaran keras dari pemain Myanmar. Dia diganti oleh Hanis Saghara.

Pemain Myanmar kembali menampilkan aksi pelanggaran kerasnya. Mengecoh lawan, Witan dilanggar dengan keras oleh kaung Khant. Dia pun mendapat kartu kuning.

Setelah itu, lagi-lagi pemain lawan mendapat kartu kuning. Kali ini, Phyoe Wai dalam tayangan ulang terlihat menginjak dada Samuel.

Para pemain Indonesia menunjukkan kedewasaan dalam bermain. Egy Maulana Vikri dkk terlihat tidak begitu terpancing dengan permainan keras lawan.

Bahkan, pada menit ke-73, Hanis Saghara berhasil menambah keunggulan Indonesia. Mendapat umpan dari Iqbal, tendangan Hanis menembus gawang Myanmar. Garuda Nusantara pun unggul 5-0.

Tak terpancing provokasi lawan, Indonesia kembali menambah keunggulan menjadi enam gol. Kali ini Egy Maulana Vikri mencetak gol keduanya pada laga ini.

Aksi Egy di dalam kotak penalti lawan merepotkan barisan pertahanan lawan. Dia berhasil melepaskan tendangan datar yang menembus gawang lawan. Indonesia pun unggul 6-0.

Pada perpanjangan waktu, Myanmar mencetak gol hiburan lewat Kaung Khant.

Namun, lesakan gol Garuda Nusantara pun belum berhenti. Hanis Saghara berhasil mencetak gol keduanya sekaligus menutup kemenangan Indonesia dengan skor 7-1. Atas hasil ini, pasukan Indra Sjafri itu pun berhak atas peringkat ketiga Piala AFF U-18.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you