Berita

Ada Alasan Mengapa Harus Menghindari Konsumsi Ikan Teri

on

Jambur.com,Kesehatan-Di Indonesia konsumsi ikan teri memang lumayan banyak diminati. Ikan teri basah biasanya diolah menjadi pepes atau goreng tepung hingga diasinkan. Pada dasarnya, ikan teri berasal dari keluarga ikan anchovy yang terkenal menyehatkan jantung karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi.

Ukuran ikan jenis ini lumayan kecil berkisar antara 2-40 cm saja seperti dilansir alodokter.com (retrieved, 26/02/2018). Ikan teri memiliki banyak kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Di dalam ikan teri terdapat berbagai vitamin seperti vitamin B12, vitamin K hingga vitamin E yang sangat baik bagi kulit anda.

Tidak hanya itu, ikan teri juga mengandung asam folat, riboflavin, niasin hingga thiamin yang berperan penting dalam tubuh anda. Meski banyak sekali kandungan dalam ikan teri, tetapi hal ini tidak begitu saja bagus bagi mereka yang menderita asam urat.

Pasalnya, ikan teri termasuk jenis makanan yang mengandung purin tinggi dan harus dihindari oleh mereka yang menderita asam urat. Kandungan kolesterol serta lemak di dalamnya pun dapat memperburuk peradangan.

Komplikasi asam urat bisa menyebabkan batu ginjal. Hal ini terjadi akibat penumpukan purin di dalam ginjal. Nah, untuk menghindari itu, penderita asam urat harus melakukan diet ketat terutama menghindari pencetus asam urat yang dirasa cukup tinggi kandungan purinnya. Salah satunya adalah ikan teri.

Inilah alasan mengapa anda yang menderita asam urat dilarang konsumsi ikan teri. Apalagi yang sudah diasinkan sehingga memperburuk banyak keadaan termasuk bagi mereka yang punya darah tinggi.

Ternyata bukan hanya ikan teri, jeroan dan daging merah termasuk yang wajib dihindari. Sedikit pun tidak boleh dikonsumsi. Termasuk juga makanan yang mengandung ragi. Akan jauh lebih baik menghindari pencetus asam urat supaya kondisimu tidak jadi lebih buruk.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you