Berita

Cek Kesehatan Fisik Tubuhmu Dengan Cara Mudah Berikut

on

Jambur.com,Kesehatan-Kesehatan tubuh merupakan salah satu hal yang harus tetap dijaga. Terkena penyakit berbahaya seperti jantung atau diabetes menjadi suatu hal yang menyeramkan dan menghambat perkembangan kualitas fisik. Namun, kita tidak bisa mendeteksi penyakit yang ada di tubuh.

Tujuh cara mudah ini dijamin akan mempermudah kalian untuk menerapkan hidup sehat. Dilansir dari Reader’s Digest, berikut cara-caranya:

1. Menjaga keseimbangan di satu kaki

Olahraga ringan ini bisa diterapkan dengan berdiri menggunakan satu kaki dan menjaga mata tetap terbuka. Tahan posisi ini selama 60 detik, kalau kamu mulai “goyang” di detik ke 20, berarti otak kamu riskan untuk terkena penyakit seperti stroke atau dementia. Menurut penelitian dari Jepang, 30 % orang tua yang tidak bisa untuk menyeimbangkan kakinya memiliki pendarahan ringan atau microbleeds di otak. Darah ini menetes dengan jumlah yang kecil, dan hanya bisa terdeteksi melalui MRI.

2. Tes duduk dan berdiri

Untuk mengetahui sejauh mana stamina dan performa tubuh, coba lakukan tes berdiri dan duduk ini. Caranya cukup mudah, kamu hanya harus duduk kemudian berdiri dan mengulangi hal yang sama sebanyak 10 kali. Kalau memakan waktu lama bagi kamu untuk duduk dan bangun sebanyak 10 kali, berarti ada yang salah dengan kondisi tubuhmu. Peneliti percaya jika sulit bagi untuk melakukan tes ini, maka di dalam tubuhmu terdapat penyakit yang belum terlihat symptoms atau tandanya.

3. Menyentuh jempol kaki

Hal pertama yang harus dilakukan adalah duduk di lantai dengan punggung bersandar pada tembok. Kemudian bungkukkan tubuh bagian atasmu dan cobalah menyentuh jari kaki. Kalau sulit sekali bagi kamu untuk menyentuh jari kaki, berarti kamu memiliki penyakit gangguan jantung dan pembuluh darah. Menurut peneliti dari University of North Texas, mereka yang punya tubuh lentur ternyata memiliki pembuluh darah lentuh juga. Ketika pembuluh darah kamu lentur, aliran darah dapat berjalan dengan lancar tanpa gangguan. Tetapi ketika pembuluh jantungmu kaku, maka sulit bagi jantung untuk memompa darah, sehingga aliran darahmu tidak lancar.
4. Menaruh selembar kertas diatas punggung tangan

via: rd.com
Salah satu tanda penyakit Parkinson yang tidak diketahui oleh orang lain adalah hand tremor atau tangan gemetar. Selain Parkinson, penyakit lain seperti kekurangan vitamin dan masalah hormon juga dapat diketahui dari hand tremor ini. Untuk mengetahuinya, coba deh taruh selembar kertas diatas punggung tanganmu. Kertas dapat membantu untuk melihat gemetar di tanganmu. Kalau kertasnya bergetar berarti tanganmu gemetar, kan?
5. Melihat garis tangan dengan telapak terbuka lebar

Percaya nggak percaya nih, tanganmu itu bisa untuk memprediksi penyakit yang ada dalam tubuh kamu, lho! Caranya cukup mudah, buka telapak tanganmu lebar dengan jari yang tertarik. Kalau kamu bisa melihat garis tanganmu dengan mudah, berarti tidak ada masalah dengan tubuhmu. Tapi kalau garis tanganmu sangat pucat dan hampir tidak terlihat, berarti kamu kekurangan darah. Melihat garis tangan dapat mengindentifikasi penyakit seperti anemia akut. Ketika kita terkena anemia, jaringan otot menjadi pucat karena kurangnya aliran darah dalam tubuh. Jadi kalau garis tangan kamu tiba-tiba terlihat pucat, maka bisa jadi itu adalah tanda anemia. Cara ini biasa digunakan oleh dokter untuk mendiagnosis penyakit anemia.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you