Berita

Konsumsi Makanan Ini Saat Mentah Dapat Menyebabkan Keracunan

on

Jambur.com,Kesehatan-Keracunan makanan adalah kasus yang umum terjadi apalagi di Indonesia. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti makanan yang kadaluarsa, pengolahan yang tidak tepat, kebersihan yang tidak terjaga dan sebagainya.

Pengacara asal Amerika Serikat, Bill Marler menuturkan bahwa ia lebih memilih kesehatannya dibanding kelezatan makanan tersebut. Kalau ingin terhindar dari risiko keracunan makanan seperti Bill Marler, ada baiknya menghindari makanan yang tidak ia makan.

1. Buah potong di supermarket

Makan buah yang sudah dikupas dan dipotong memang praktis. Tapi kita tidak tahu berapa banyak orang yang terlibat dalam prosesnya. Semakin banyak orang yang menyentuh buah tersebut, semakin tinggi pula risiko kontaminasinya.

2. Tepung mentah

Jika kamu memasak pisang goreng atau kue dan ternyata adonan tepungnya belum matang, jangan memaksakan diri untuk memakannya. Tepung mentah mengandung banyak bakteri dan sempat menjadi biang kerok keracunan massal di Amerika Serikat.

3. Kecambah mentah

Berbeda dengan sayuran lain, kecambah butuh tempat yang lembab dan hangat untuk tumbuh. Kondisi serupa rupanya cukup ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Karena itu, kecambah mentah mengandung bakteri yang lebih banyak dibanding sayuran lainnya. Rebuslah sebentar kecambah tersebut sebelum dimakan.

4. Daging setengah matang

Hidangan asli Indonesia memang selalu memastikan daging yang di masak benar-benar matang. Tetapi jika kamu berkunjung ke restoran steak, mereka seringkali menyajikan daging yang masih setengah matang. Teskturnya memang lebih empuk, namun bakteri E.coli dan salmonella masih tinggal didalamnya.

5. Telur setengah matang

Orang Indonesia memang suka sekali mengonsumsi telur setengah matang atau bahkan mentah. Apalagi jika dicampur dengan susu, madu, dan jahe. Namun perlu diwaspadai bahwa telur yang tidak matang ternyata mengandung bakteri salmonella yang menyebabkan diare.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you