Berita

Sering Kembung? Ini Solusi Dari Kembungmu

on

Jambur.com,Kesehatan-Ketika terserang kembung rasanya memang sangat tidak nyaman. Sebenarnya apa yang menyebabkan rasa kembung itu datang menghampiri tubuh kita? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

1. Hindari pencetusnya

Gas di dalam sistem pencernaan bisa muncul karena berbagai sebab seperti mengunyah permen karet, makan atau minum terburu-buru dan merokok juga bisa jadi penyebabnya. Pada mereka yang menderita alergi makanan dan intoleransi laktosa, menyantap makanan yang menjadi pencetus reaksi alergi dan intoleransi juga bisa mengakibatkan munculnya gas.

2. Waspadai jenis makanan ini

• Gula: Terkadang tubuh kesulitan memproses gula karena kekurangan enzim yang diperlukan untuk memecah gula di dalam sistem pencernaan. Karena itu, batasi konsumsi gula agar tubuh lebih mudah mencernanya.

• Tepung pati(starch): Makanan yang mengandung tepung pati, seperti kentang dan jagung, dapat menghasilkan gas ketika diproses di dalam saluran pencernaan.

• Susu dan produk olahannya: terutama pada mereka yang mengalami alergi makanan dan intoleransi makanan.

3. Atasi dengan cara ini

• Mengganti makanan bertepung dengan nasi, karena nasi lebih sedikit memicu pelepasan gas.

• Minum minuman hangat yang bisa membantu meredakan gangguan pencernaan, seperti air rebusan jahe dan teh hangat. Teh chamomile dan peppermint juga sering digunakan untuk meredakan perut kembung. Teh tersebut dapat mengurangi kembung.

• Konsumsi probiotik yang mengandung bakteri baik juga bisa membantu tubuh mencerna makanan dengan baik.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you