Berita

Inilah Beberapa Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

on

Jambur.com,Kesehatan-Sayuran merupakan salah satu komoditas hortikultura yang mempunyai peranan penting dalam menyediakan zat gizi. Zat gizi berfungsi melindungi tubuh dan mengatur proses metabolisme tubuh dalam bentuk mineral, vitamin, dan air. Selain itu dapat digunakan sebagai keindahan dan cita rasa. Salah satu sayuran dengan sumber nutrisi yang lengkap adalah kangkung.

Kangkung menjadi sayuran yang biasa dimakan dalam menu sehari-hari masyarakat Indonesia. Selain harganya yang terjangkau oleh rakyat banyak, juga yang jelas komposisi nutrisi kangkung sangat baik.

Diketahui bahwa komposisi daun kangkung adalah 2,09% lipida; 3,64% protein dan 1,53% debu. Lipida dibagi dalam lapisan kromatografi dan dikuantifikasikan. Sedangkan asam, lemak dideteksi dengan alat GLC (gas liquid chromatography). Asam linolenik kandungannya sebesar 18,3% dan palmitik 16,0%.

Bagian daun yang banyak mengandung sulfur karena suatu hal misalnya saja pencemaran maka akan mengurangi kandungan asam amino, namun kandungan Calcium dan Mangaan yang tinggi, Fe dan Zn moderat dan Cu yang rendah.

Terdeteksi pula minyak yang sifatnya essential dan sangat berpengaruh dalam menentukan flavour bahkan dapat dimanipulasi untuk pembuatan bahan rasa, baik yang alami maupun yang sintetis. Deteksi ini dilakukan dengan alat GC, IR, 1H-NMR dan GC/MS dan hasilnya menyatakan adanya suatu bahan phytol 37,08% dan asam palmitat 10,99%.

Melihat fakta nutrisi di atas menjelaskan bahwa kangkung merupakan harta yang menyehatkan tubuh dan harganya juga murah. Berikut ini uraian mengenai manfaat lain kangkung bagi kesehatan:

1. Mengandung banyak vitamin

Vitamin yang terkandung cukup banyak pada kangkung sangat baik untuk menunjang kesehatan. Vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata, vitamin B baik membantu proses metabolisme tubuh, vitamin C untuk menjaga daya tahan/ kekebalan tubuh dan vitamin K sangat penting untuk proses pembekuan darah pada luka.

2. Bersifat anti racun

Sayuran ini mampu menetralisir racun dan menghilangkannya dari dalam tubuh. Tubuh tanpa racun akan menjadi tubuh yang selalu sehat.

3. Mengendurkan saraf

Hal itu dilakukan oleh mineral seng dan selenium. Semakin kendur saraf-saraf maka akan semakin lelap tidur kita. Kangkung memiliki zat kimia yang bersifat sedatif yaitu suatu zat yang bisa menenangkan. Zat ini yang diduga membuat orang yang mengkonsumsi akan merasa tenang bahkan terlelap. Oleh karena itu, kangkung bisa dicoba untuk seseorang yang sering mengalami insomnia atau susah tidur.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!