Berita

Golongan Darah Ini Adalah Santapan Favorit Nyamuk

on

Jambur.com,Kesehatan-Pagi dan Sore adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu nyamuk. Sebab waktu itu merupakan jam makan mereka. Bisa dikatakan nyamuk makan 2-3 kali sehari mulai pagi sampai malam. Tapi tidak menutup kemungkinan jika nyamuk makan diwaktu-waktu lain.

Kalau dipikir-pikir, nyamuk tidak pilih-pilih kalau menghisap darah bukan? Kira-kira, nyamuk bisa nggak bedakan darah orang berpenyakit sama darah orang sehat?

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ada kecenderungan seekor nyamuk tertarik pada golongan darah tertentu.

Dikutip dari antaranews, nyamuk memilih korban dengan kriteria tertentu, salah satunya pemilik golongan darah O, ungkap ahli entomologi medis dari University of Florida, Dr. Jonathan Day.

“Beberapa orang memproduksi lebih banyak bahan kimia tertentu di kulitnya. Dan beberapa dari bahan kimia tersebut, seperti asam laktat, nyamuk tertarik. Ada juga bukti bahwa satu golongan darah (O) menarik nyamuk lebih banyak daripada yang lain (A atau B),” ujar dia.

Penelitian menunjukkan orang bergolongan darah O mempunyai resiko dua kali lebih untuk mendapatkan gigitan nyamuk daripada orang-orang bergolongan darah B.
Golongan darah A adalah yang paling jarang karena memiliki tingkat yang lebih kecil lagi dibandingkan golongan darah B.

Lalu darimana nyamuk bisa tahu golongan darah manusia yang akan digigitnya? Hal tersebut dapat diketahui dari hembusan nafas manusia itu sendiri. Zat kimia yang dikeluarkan manusia melalui hembusan nafas memberikan informasi tentang golongan darah. Salah satunya adalah zat karbondioksida yang dianalisis oleh nyamuk betina dalam memilih mangsa.

Nyamuk menggunakan maxillary palp yaitu sebuah organ untuk melihat awan atau udara karbon dioksida sebelum menyerang manusia dan mampu mendeteksi gas dari jarak lebih dari 160 kaki atau sekitar 48 meter.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you