Berita

Luar Biasa! Dari Buah Hingga Akar Kelengkeng Ternyata Sangat Bermafaat

on

Jambur.com,Kesehatan-Apakah kadang-kadang kamu suka gelisah? Atau bahkan mungkin akan mencari obat penenang. Sebaiknya, janganlah terburu-buru mengkonsumsi obat-obat kimia. Carilah bahan makanan alami karena jauh lebih baik dan aman untuk dicoba.

Buah kecil berbentuk bulat yang berasal dari daratan Cina ini masih satu famili dengan rambutan dan leci. Buah ini adalah salah satu obat alami pengusir gelisah. Di Indonesia banyak yang menyajikan buah ini sebagai hidangan pencuci mulut.

Jika di negeri leluhurnya lengkeng dikenal dengan sebutan “ong ya guo” atau buah mata naga, maka di Indonesia populer dengan sebutan ”mata kucing”. Julukan ini tak lain karena rupa buah lengkeng memang mirip bola mata. Daging buahnya berbentuk bulat, berwarna putih bening dan berair. Di tengah daging buah terdapat biji berwarna hitam atau coklat tua.

Manfaat Daging Buah

Daging buah lengkeng terdapat kandungan sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, asam tartarik dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) lainnya yang berguna bagi kesehatan. Kombinasi dari senyawa fitokimia ini dapat melahirkan berbagai khasiat, di antaranya mengedurkan saraf. Oleh karena itu, dalam literatur disebutkan lengkeng memberikan efek penenang dan berkhasiat mengatasi gelisah, susah tidur, dan sulit konsentrasi.

Selain itu daging buah lengkeng juga bermanfaat menyehatkan dan dapat mengobati jantung berdebar kencang. Dalam buku terapi buah disebutkan buah lengkeng juga dapat memperkuat limpa, meningkatkan produksi darah merah, menambah nafsu makan dan menambah tenaga, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang dalam proses pemulihan stamina sehabis sakit.

Tak hanya itu, buah lengkeng berguna pula untuk menyehatkan usus dan memperbaiki proses penyerapan makanan, melancarkan buang air kecil, mengatasi cacingan, menyehatkan mata, mengobati sakit kepala, keputihan serta hernia.

Manfaat Akar, Daun dan Biji

Akar dan daun lengkeng yang berasa pahit, bahkan biji yang keras pun menyimpan khasiat obat. Akar lengkeng berkhasiat sebagai peluruh kencing dan melancarkan sirkulasi darah. Daun berkhasiat sebagai antiradang dan pereda demam.

Adapun bijinya berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan menghentikan pendarahan. Biji lengkeng ini dimanfaatkan sebagai bahan pembuat sampo, karena di dalamnya mengandung senyawa saponin yang dapat menghasilkan busa dalam jumlah banyak.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you