Berita

Dibalik Kesegarannya, Ternyata Tersimpan Beberapa Khasiat Dari Buah Tebu

on

Jambur.com,Kesehatan-Tanaman dengan nama latin Saccharum Officinarum ini sering banyak sari tebunya. Tanamam yang masuk dalam family Poaceae ini memiliki batang yang kokoh, beruas dan berserat atau berserabut dan kulitnya keras. Di Indonesia, terdapat berbagai macam jenis tebu diantaranya tebu hitam, tebu telur, tebu kuning dan tebu hijau. Banyak manfaat yang dari tanaman tebu ini. Berikut beberapa manfaat tebu dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mencegah Osteoporosis

Tebu kaya akan kalium dan kalsium, dalam 100 gram tebu terdapat 163 mg kalium dan 32,56mg kalsium. Zat ini sangat terbukti baik untuk kesehatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kalium pada tebu bekerja menjaga kalsium agar tidak mengendap di ginjal yang dapat mengakibatkan batu ginjal. Ginjal dapat menyaring kalium dalam darah dan mengeluarkannya bersama urin. Dengan kata lain, kalium menjaga kesehatan ginjal kita.

3. Memperkuat Tulang dan Gigi

Asupan kalsium yang cukup dapat memperkuat tulang dan gigi. Salah satu kandungan nutrisi pada tebu adalah kalsiumnya, sehingga tebu baik untuk memperkuat tulang dan gigi. Selain itu kandungan fosfornya juga berperan dalam pembentukan gigi sehingga sari tebu mencegah kerusakan pada gigi.

4. Mencegah Flu dan Pilek

Sistem imun yang kuat membuat tubuh kuat menahan virus penyebab flu dan pilek yaitu virus influenza. Sari tebu mengandung riboflavin dan asam pantonenat yang berperan dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan kata lain, sari tebu juga digunakan sebagai asupan untuk mencegah flu dan pilek.

5. Mengobati Kanker Payudara

Tebu memiliki kandungan mineral berupa alkali dalam jumlah besar. Zat alkali membantu mengobati penderita kanker payudara. Penggunaan alkali dalam jumlah berlebih berbahaya untuk tubuh kita.

6. Mencegah Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan dapat dicegah dengan mengkonsumsi sari tebu. Peradangan ini diakibatkan oleh infeksi jamur atau virus pada saluran tenggorokan. Tebu mengandung niasin yang cukup banyak dimana niasin memiliki efek anti inflamasi atau anti radang.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you