Berita

Gejala- Gejala Stress Ini Tidak Boleh Dihiraukan Kalau Ingin Hidup Bahagia

on

Jambur.com,Kesehatan-Tanpa disadari ada beberapa gejala yang menunjukkan bahwa kamu tengah dalam mengalami stres. Kalau kamu mengabaikan gejala ini bisa mengacaukan dan merusak kesehatanmu. Bahkan kemungkinan akan menyebabkan masalah kesehatan serius yang bisa berujung pada kematian.

Itulah sebabnya, jangan mengabaikan gejala stres sekecil apa pun itu. Gejalanya memang tidak kelihatan dan terkesan seperti hal yang wajar. Namun, kalau menemui gejala-gejala ini ada baiknya melakukan tindakan preventif yang bisa meredakan stres agar kamu tidak jatuh sakit.

1. Perut kembung terasa tidak nyaman

Stres ternyata bisa menganggu fungsi saluran pencernaan. Saat stres tubuh akan memproduksi lebih banyak asam pencernaan. Hal ini bisa menyebabkan lambatnya pengosongan makanan di perut yang membuat perut penuh gas dan terasa kembung. Dan di beberapa kasus stres juga menyebabkan kram perut dan diare.

2. Sering terserang penyakit

Menurut Monika Fleshner dari University of Colorado, sistem imun menangkap stres sebagai infeksi sehingga tubuh akan merasa kelelahan atau demam. Orang yang stres juga lebih besar kemungkinannya terkena penyakit.

3. Serangan jerawat terus menerus

Saat stres tubuh akan melepas lebih banyak hormon kortisol yang menyebabkan kulit menghasilkan lebih banyak minyak. Nah, minyak berlebih ini bisa terjebak dalam folikel rambut, yang saat menumpuk dengan kotoran dan sel kulit mati akan menghasilkan jerawat.

4. Rambut rontok yang tidak wajar

Rambut rontok itu sebenarnya wajar, karena rambut memang memiliki siklus hidup. Namun, apabila rontoknya sudah berlebihan dan tidak ada rambut yang tumbuh kembali setelah rontok, kamu wajib waspada. Ini adalah tanda-tanda stres yang tidak boleh diabaikan.

5. Kulit gatal tanpa sebab

Tidak ada angin tidak ada hujan, tiba-tiba kulit terasa gatal. Padahal adahal tidak ada riwayat alergi juga. Ini tandanya kamu sedang memendam stres. Dikarenakan tubuh melepaskan senyawa histamine yang bisa menyebabkan gatal-gatal.

6. Masalah pada berat badan (fluktuasi berat badan)

Stres memicu pelepasan hormon kortisol yang menganggu kemampuan tubuh saat harus memproses gula darah. Hal ini akan mengubah metabolisme lemak, protein dan karbohidrat dalam tubuh yang bisa mengakibatkan penambahan berat badan atau bahkan penurunan berat badan karena tidak  ada nutrisi yang terserap.

7. Sakit kepala terus menerus

Stres melepaskan zat kimia yang dapat menyebabkan perubahan pada saraf dan pembuluh darah di otak, hal itulah yang menyebabkan sakit kepala. Nah, kalau sering mengalami migrain parah, itu juga tanda-tanda kamu sedang stres. Untuk mengatasi sakit kepala migrain, kamu bisa mengonsumsi ibuprofen atau coba oleskan minyak angin di pelipismu.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you