Berita

BPJS Kesehatan Bantah Tidak Biayai Delapan Penyakit Katatrospik

on

Jambur.com,Jakarta-Kepala Humas BPJS Kesehatan, Nopi Hidayat menyangkal terkait adanya kabar bahwa BPJS Kesehatan tidak lagi bertanggung jawab atas biaya pengobatan dari delapan penyakit seperti, jantung,kanker, stroke,gagal ginjal,leukimia,hemofilia, thalassemia dan sirosis hepatitis yang bertujuan untuk menutup defisit anggaran yang semakin tinggi

Nopi mengatakan, kabar tersebut awalnya beredar ketika BPJS Kesehatan diminta untuk memaparkan tentang perkembangan pengelolaan JKN-KIS. BPJS Kesehatan selanjutnya memaparkan gambaran perkembangan pengelolaan JKN-KIS pada beberapa negara yang menggunakan sistem cost sharing.

“Kamis lalu (23/11/2017), BPJS Kesehatan diminta untuk memaparkan terkait dengan perkembangan pengelolaan JKN-KIS. Selanjutnya BPJS Kesehatan memaparkan berupa gambaran yang ada di beberapa negara seperti, Jepang, Korea, Jerman, dan negara-negara lainnya yang menggunakan cost sharing. Waktu itu kami menjelaskan dengan referensi akademis,” ujar Nopi, Senin (27/11/2017).

Nopi menghimbau agar masyarakat tidak salah tangkap akan paparan BPJS Kesehatan tersebut dan jangan khawatir terkait pembiayaan dari penyakit katatrospik.

“Jadi jangan salah paham duluan ya,” ucapnya.

Nopi tetap menegaskan, bahwa sampai saat ini BPJS Kesehatan masih tetap menjamin biaya delapan penyakit katastropik, sesuai dengan ketentuan yang berlaku dari regulasi pemerintah.

“Jadi masyarakat jangan¬† khawatir dulu. Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan-ketentuan yang berlaku, maka kita akan menjamin biayanya sesuai dengan ketentuan yang berlaku juga,” ujarnya

Sementara itu, terkait dengan upaya dalam mengatasi defisit keuangan, Nopi menegaskan, BPJS Kesehatan saat ini belum menerapkan sistem cost sharing dalam skema pembiayaan JKN-KIS.

“Belum ada cost sharing di skema JKN-KIS. Apalagi sampai ada penghentian jaminan, itu adalah tidak benar,” tegasnya.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you