Berita

Inilah Manfaat Petai Cina Yang Dapat Mengobati Penyakit Mematikan

on

Jambur.com,Kesehatan-Petai Cina atau yang sering disebut sebagai lamtoro ini seringkali diolah menjadi botok, pepes atau olahan yang lainnya. Petai cina dalam bahasa latin disebut Leucaena Leucocephala memiliki bentuk mirip petai hanya saja bijinya kecil-kecil dan rasa netral namun agak sedikit manis.

Petai cina memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap dari mulai : protein, lemak, karbohidrat, energy, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan mineral penting seperti : zat besi, fosfor, kalsium dan lainnya. Selain itu, petai cina juga mengandung senyawa berupa tanin, flavonoid dan saponin.
Khasiat petai cina atau lamtoro untuk kesehatan

Bentuknya yang kecil bukan berarti kita bisa meremehkan petai cina, karena khasiatnya sangat ampuh untuk mengobati penyakit mematikan, diantaranya :

1. Menyembuhkan Diabetes

Petai cina sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi serta menormalkan fungsi pankreas yang menghasilkan hormon insulin. Insulin merupakan hormon yang bermanfaat menormalkan kadar gula dalam darah. Caranya: sangai biji petai cina yang sudah kering, kemudian tumbuk hingga halus seperti bubuk kopi. Seduh dengan air panas dan minum secara rutin.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Salah satu penyebab kanker adalah paparan radikal bebas yang menyerang tubuh. Petai cinta terdapat kandungan antioksidan tinggi yang membantu menangkal serangan radikal bebas. Caranya dengan mengonsumsi langsung sebagai lalapan, diolah menjadi pepes atau dengan cara lainnya. Konsumsi petai cina secara rutin dapat mencegah dari penyakit kanker yang mematikan.

3. Atasi Cacingan

Cacingan bisa menyerang siapa saja, dari mulai bayi, anak-anak, remaja bahkan dewasa. Akibatnya, seseorang sulit menjadi gemuk karena sari makanan yang masuk tubuh diserap oleh cacing. Caranya: tumbuk biji petai cina, kemudian seduh dengan air panas dan minumkan pada penderita.

4. Mencegah Osteoporosis

Kandungan kalsium dan fosfor dalam petqi cina sangat bermanfaat menjaga kepadatan tulang dan melindungi dari penyakit osteoporosis atau hilangnya kepadatan tulang.

5. Mencegah Stroke

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam petai cina dapat membantu memenuhi kebutuhan harian dalam tubuh. Ketika kebutuhan akan Vitamin C sudah terpenuhi, maka risiko terkena penyakit stroke akan berkurang.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you