Berita

Tahu Tanaman Ini? Tanaman Ini Benar-Benar Berkhasiat Mengobati Penyakit Ini

on

Jambur.com,Kesehatan-Tanaman dengan nama latin Ruellia Tuberosa L atau yang biasa disebut bunga kencana ungu merupakan tanaman liar yang tumbuh di areal pesawahan dan pembangunan. Tanaman ini punya sebutan di beberapa daerah seperti pletekan, ceplesan, pletikan, atau ceplikan.

Ternyata, tanaman yang biasa kita lihat sehari-hari ini ternyata memiliki banyak khasiat dalam menyembuhkan beberapa penyakit.

Cara penggunaannya juga sangat mudah. Ambilah beberapa lembar daun bunga kencana ungu antara 15-20 lembar. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Air rebusan diminum 2 kali sehari setiap pagi dan sore setelah makan.

Air rebusannya tersebut bisa menyembuhkan beragam penyakit yang sulit disembuhkan, seperti:

1. Kencing batu

Kencing batu adalah penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan saluran kemih akibat terbentuknya batu ginjal hasil pengendapan kalsium dan kapur. Penyakit ini dapat dicegah dan disembuhkan dengan rutin minum air rebusan daun tanaman ini secara rutin sampai penyakit benar-benar sembuh.

2. Diabetes mellitus

Penyakit gula darah merupakan penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar glukosa dalam darah. Hal ini terjadi karena pankreas hanya sedikit memproduksi insulin. Insulin berfungsi untuk mengubah glukosa menjadi glikogen yang akan disimpan dalam hati atau otot. Dengan kehadiran tanaman ini, penyakit diabetes mellitus dapat diobati. Meskipun begitu, tetap perhatikan pola makan agar penyembuhan dapat berlangsung optimal.

Penggunaan air rebusan ini hanya bagi penderita yang belum mengalami komplikasi ginjal dan hati. Penggunaan harus dihentikan jika gula darah kembali normal.

3. Hipertensi

Yang pasti penyakit hipertensi erat kaitannya dengan gangguan pada pembuluh darah. Penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah, berkurangnya elastisitas pembuluh darah, pengapuran dan terlalu berlebih garam adalah penyebab paling utama dari hipertensi.

4. Menangkal radikal bebas

Daun ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan inilah yang berperan dalam mencegah dampak buruk radikal bebas. Reaksi berantai dari radikal bebas jika dibiarkan dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Antioksidan dapat mencegah terjadinya reaksi tersebut sehingga memberikan peluang besar terbebas dari penyakit kanker.

 

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you