Berita

Berikut Ini Manfaat Dari Sarapan Pagi Untuk Kesehatan Anda

on

Jambur.com,Kesehatan-Sarapan pagi merupakan waktu makan yang sangat penting sebelum melakukan suatu kegiatan atau aktivitas. Pentingnya sarapan pagi tak lain adalah untuk memberi asupan energi baru bagi tubuh Anda. Sarapan pagi juga bisa memberikan banyak manfaat lainnya yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Lantas apa saja kah manfaat atau pentingnya sarapan pagi untuk kesehatan? Berikut ini manfaat dari pentingnya sarapan pagi untuk kesehatan.

1. Mencegah Penyakit Maag

Yang pertama manfaat dari sarapan pagi yaitu dapat mencegah datangnya penyakit maag. Karena dengan membiasakan diri untuk melakukan sarapan pagi, akan membuat lambung bekerja dengan baik dikarenakan sudah terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung, yang akan menyebabkan datangnya penyakit maag.

2. Mencegah Diabetes

Dari hasil sebuah studi, mengatakan bahwa orang yang setiap harinya sarapan pagi, 32% lebih rendah terkena penyakit diabetes pada saat usia tua dibandingkan dengan mereka yang jarang sarapan pagi. Hal tersebut disebabkan karena orang-orang yang jarang melakukan sarapan pagi akan lebih rentan mengalami resisten insulin.

Resisten insulin ialah suatu kondisi dimana sel tubuh tidak dapat merespon hormon insulin dengan baik. Hormon insulin berfungsi untuk membantu tubuh untuk menyerap glukosa atau gula, sehingga tubuh dapat membakar glukosa menjadi energi yang akan dipakai atau disimpan sebagai lemak.

3Meningkatkan Kemampuan Otak

Manfaat sarapan pagi yang tidak kalah penting yaitu dapat memaksimalkan keterampilan pemahaman atau kinerja otak hingga meningkatkan kewaspadaan. Hal tersebut dikarenakan otak butuh asupan dari makanan agar berfungsi dengan baik. Maka dari itu, sarapan pagi jangan sampai Anda lewatkan, terlebih bagi pelajar dan pekerja.

4. Menjaga Berat Badan Yang Sehat

Jika Anda sarapan, akan lebih baik jika mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti roti atau otmeal yang berasal dari biji-bijian utuh yang mengandung serat yang rendah gula. Karena dicerna dengan perlahan oleh tubuh, makanan tersebut dapat memberi energi stabil yang bisa membuat Anda tetap merasa kenyang dan mencegah keinginan untuk mengemil, sehingga dapat membantu Anda dalam menjaga berat badan tubuh yang sehat.

5. Menjaga Suasana Hati

Pada hasil sebuah penelitian tentang dampak sarapan pagi  mengatakan bahwa orang yang melakukan sarapan pagi membuat mood atau suasana hati yang berbeda dengan yang melewatkan sarapan. Orang yang sarapan pagi akan mempunyai mood baik dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan pagi.

Itu lah beberapa manfaat dari sarapan pagi. Semoga bermanfaat untuk kesehatan anda.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you

1 Comment

  1. desy

    30 Oktober 2017 at 11:14 am

    sangat banyak sekali manfaat dari sarapan pagi bagi kesehatan tubuh dan dengan kita sarapan pagi kita dapat terhindar dari penyakit diabetes, penyakit maag dan kita dapat menjaga suasana hati. baik sekali untuk kesehatan tubuh kita