Berita

Berikut Ini Beberapa Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Anda

on

Jambur.com,Kesehatan-Manfaat buah pisang tentu tidak dapat diragukan lagi, sehingga tak heran jika pohon pisang adalah salah satu tanaman yang disukai di Indonesia. Hampir di setiap daerah, tumbuh berbagai jenis pisang. Buah yang satu ini memang memiliki banyak kegunaan, sehingga banyak jenis makanan yang menggunakan buah pisang sebagai bahan dasar atau pelengkapnya.

Pisang dapat digunakan untuk penurunan berat badan dan menjaga perut agar tetap sehat, mengandung nutrisi yang mengatur kesehatan jantung dan juga terkandung vitamin untuk menyehatkan mata.

Berikut ini beberapa manfaat pisang untuk kesehatan anda.

1. Melancarkan Peredaran Darah

Buah pisang mengandung zat potasium yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.Ditambah lagi kandungan kalium yang membantu mengatur tekanan darah. Sehingga bisa menahan resiko stroke yang juga dapat menimbulkan adanya gejala penyakit jantung.

2. Membantu Pencernaan Pada Usus

Serat yang terdapat pada buah pisang sangat tepat untuk mengurangi resiko penyakit sembelit. Tak perlu memakai obat pencahar, tapi cukup dengan mengkonsumsi buah pisang.

Mencampur pisang dengan segelas susu, juga dapat mencegah resiko penyakit usus berbahaya seperti pentakit gejala kanker usus besar. Buah pisang bermanfaat untuk mencegah inflamasi karena proses ini dapat dipercepat dengan vitamin C yang ada pada buah pisang.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Buah pisang juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin A, yang larut dalam lemak dan penting untuk melindungi mata. Senyawa ini juga melindungi membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup dapat mengurangi risiko kebutaan dan begitu penting untuk penglihatan sehari-hari.

Setiap harinya, wanita butuh sebanyak 700 mikro gram vitamin A. Sedangkan pria butuh sebanyak 900 mikro gram. Satu buah pisang berukuran 6 inci, mengandung 10 mikro gram vitamin A. Buah pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten, yang dapat diubah ke vitamin A untuk menjaga kesehatan mata.

4. Menormalkan Fungsi Jantung

Mengkonsumsi buah pisang pada waktu sarapan, akan menambah nutrisi pada tubuh yang memaksimalkan fungsi jantung. Buah pisang yang kaya akan mineral yang disebut elektrolit kalium. Saat kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung berproses ke dalam aliran darah lewat dinding usus. Kalium mengalir sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel.

Proses ini terus mengalir di seluruh sistem tubuh, yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak. Dalam kasus kekurangan kalium yang parah, irama jantung mungkin menjadi tidak teratur, yang dapat mematikan.

5.Asma

Sebuah studi yang dilakukan oleh Imperial College London mengatakan bahwa anak-anak yang memakan satu buah pisang per hari, memiliki peluang 34% lebih kecil untuk terkena penyakit asma.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you