Berita

Berikut Ini Dampak Menggunakan Kipas Angin Saat Tidur

on

Jambur.com,Kesehatan-Kipas angin adalah alat yang digunakan untuk menggerakkan udara agar dapat menghasilkan angin. Angin tersebut di butuhkan untuk memberikan kesejukan dan menyegarkan udara di dalam kondisi ruangan tertentu. Kipas angin pada dasarknya ada dua jenis, kipas angin tradisional dan modern.

Pada umumnya kipas angin yang sering kita gunakan adalah kipas angin listrik yang memiliki minimum 3 baling-baling pemutar. Kipas angin listrik ditemukan oleh Schuyler Skaats pada tahun 1882. Pada saat itu kipas di gunakan di langit-langit rumah.

Berikut ini adalah bahaya kipas angin yang bisa diakibatkan dari penggunaan kipas angin yang salah :

1. Penyakit Bell Palsy

Bell palsy atau kelumpuhan, tetapi bukan kelumpuhan pada tubuh, melainkan kelumpuhan yang terjadi pada wajah. Wajah akan sulit tersenyum, tertawa dan terdapat pembengkakan di daerah wajah tertentu. Penyakit bell palsy ini disebabkan oleh kondisi syaraf wajah yang menegang yang disebabkan oleh suhu dingin dari kipas angin secara terus-menerus.

2. Oksigen Berkurang

Kurangnya pasokan oksigen disebabkan karena terus-menerus menghadapkan kipas tepat ke arah wajah. Angin yang berhembus dari kipas tidak sepenuhnya lagi mengandung oksigen karena kemungkinan sudah ada gas karbon dioksida.

Kalau angin terus-menerus mengenai wajah maka kita akan kesulitan mendapatkan pasokan oksigen yang cukup, bahkan udara yang kita hembuskan bisa kembali lagi karena udara hanya berkutat di sekitar wajah. Akibatnya sirkulasi udara di sekitar wajah kita tidak baik.

3. Tubuh kekurangan air

Seorang ahli syaraf, Dr. Wendra Ali, mengatakan ketika kita berada dalam ruangan yang dingin dalam waktu yang lama, akan membuat tubuh kita kekuarangan air.

Hal seperti ini tentu sangat membahayakan kita, karena tubuh kita membutuhkan 70% asupan air. Kalau kipas angin hanya akan menyebabkan air dalam tubuh berkurang, pasti akan berdampak buruk terhadap fungsi organ kita.

 4.Infeksi saluran pernapasan

Kipas angin berfungsi hanya untuk menggerakkan udara dan menghasilkan angin tanpa adanya proses penyaringan dan udara yang terdapat di sekitar ruangan, akan berhembus tubuh kita.

Sangat bahaya ketika wajah kita menerima hembusan angin yang berasal kipas angin tersebut. Penting untuk diketahui bahwa ada kandungan udara yang telah terkena bakteri, kuman, atau virus yang dihirup oleh hidung. Bahaya kipas angin ini dapat menyebabkan terjadinya infeksi di dalam saluran pernapasan, contohnya adalah penyakit asma.

5. Kulit kering

Kulit mengalami kekeringan tidak hanya disebabkan oleh sengatan sinar matahari. Ruangan yang terlalu dingin pun akan berakibat buruk untuk kesehatan kulit, seperti bahaya menggunakan AC.

Ketika terlalu lama menggunakan kipas angin, maka yang terjadi adalah tubuh akan kekurangan air dan akan berakibat pada kulit. Kulit kita sangat membutuhkan kandungan air dalam darah.

Ini lah sedikit banyaknya dampak saat tidur menggunakan kipas angin. Semoga sahabat Jambur.com dapat menggunakan kipas angin dengan bijak agar senantiasa sehat walafiat.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you