Berita

Ini Manfaat Mengkonsumsi Daun Salam Dengan Rutin

on

Jambur.com-Daun salam atau dalam bahasa latinnya ,Syzygium polyanthum masuk dalam family Myrtaceae, atau bahasa inggrisnya disebut juga Indonesian Bayleaf. Daun salam juga memiliki bahasa lain yaitu “serah” atau “samak”.

Pohon daun salam adalah tumbuhan yang dapat tumbuh di daerah tropis dan terdapat di beberapa negara, Indonesia,Malaysia, Thailand, Vietnam, Philipina, Singapura, dan Brunei.

Apa sebetulnya kegunaan daun salam pada kesehatan? Berikut khasiat dan kegunaan yang terkandung pada daun salam.

1. Mengobati Asam Urat

Khasiat daun salam dapat mengobati penyakit asam urat karena kandungannya mampu mencegah aktivitas enzim xantin oksidase. Xantin oksidase berperan mengubah hipoxantin menjadi xantin yang  nantinya akan menjadi asam urat.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Didalam tubuh kita terdapat 2 jenis kolestrol. Yang pertama yaitu kolesterol jahat atau Low Densisty Lipoprotein (LDL) dan yang kedua adalah kolesterol baik atau High Desity Lipoprotein (HDL).

Kolestrol jahat tersebut akan menyumbat saluran pada pembuluh darah dan mengakibatkan berbagai penyakit berat. Tetapi kolesterol baik berfungsi untuk membersihkan saluran darah. Mengacu kepada hasil penelitian Riansari dkk dari Fakultas Kedokteran Undip,(27/11/2010), mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi daun salam akan mampu menurunkan kadar kolestrol jahat terbukti setelah melakukan uji coba pada hewan.

Maka dari itu, agar dapat menurunkan kadar kolesterol, silahkan konsumsi daun salam pada setiap masakan kita. Selain menyedapkan masakan, tubuh kita juga akan lebih sehat.

3. Sebagai Antioksidan

Terjadinya radikal bebas pada tubuh disebabkan dari proses oksidasi harus dapat dicegah kalau kita tidak ingin terkena penyakit berat. Dikutip dari jurnal online eprints.ums.ac.id (retrieved 19/10/2017), kandungan yang ada pada daun salam mengandung zat seperti flavonoid, eugenol, sitral dan tannin yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh kita.

4. Sebagai Penurun Tekanan Darah dan Khasiat Lainnya

Dalam berbagai penelitian, daun salam  dapat mengurangi tekanan darah, maka sangat bagus untuk dikonsumsi orang yang terkena penyakit hipertensi. Selain itu, daun salam sangat berkhasiat mengurangi resiko diabetes, jantung koroner, penyakit diare dan magh. Dan khasiat antibakteri pada daun salam juga dapat menguatkan pertahanan tubuh dari serangan kuman.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you