Berita

Berikut Ini Dampak Kurang Tidur Pada Kesehatan Anda

on

Jambur.com-Makanan yang kita konsumsi pada setiap harinya harus mengandung kalori dan gizi yang seimbang karena sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain makanan, kualitas kita saat tidur pada malam hari sangat ada kaitannya pada kesehatan.

Ketika kita tidur dengan tidak berkualitas, maka akan sangat mempengaruhi pada kualitas sperma. Kurang tidur yang nyaman dan tidak nyenyak akan memunculkan beberapa masalah terutama pada kesehatan.

Ada ditemukan data yang dilakukan pada sebuah studi baru yang mengatakan bahwa kurangnya jumlah tidur yang cukup akan menyebabkan implikasi yang serius pada jumlah sperma.

Studi itu memperlihatkan akan adanya hubungan antara jumlah waktu tidur dan tolak ukur kesehatan kromosom dalam sperma.

Peneliti telah memperkirakan, sampel sperma pada tahun 2020 yang diperoleh dari 796 sukarelawan pria dari Perguruan Tinggi di Chongqing, China dari tahun 2013-2015.

Dalam penelitian tersebut, pria dipisahkan menjadi dua kelompok. Yang pertama yaitu pria yang tidur dengan waktu 9 jam di setiap hari nya. Dan yang kedua adalah pria yang tidur dengan waktu 6,5 jam.

Pria yang tidur dalam waktu 9 jam mempunyai 41 % jumlah DNA.Sedangkan pria yang tidur dalam waktu 6,5 jam,  mempunyai 30 % DNA. DNA merupakan sarana atau tempat yang menjadi wadah proporsi dari sperma dengan kromatin abnormal. Sedangkan Chromatin ialah penyatuan antara DNA dan protein yang menghasilkan kromosom.

“Bahwa kurang tidur dan kebanyakan waktu tidur juga tidak baik. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa kualitas sperma yang baik adalah ketika tidur 8-9 jam per hari, dan tidur yang lebih lama atau lebih pendek dikaitkan dengan penurunan dua parameter sperma,” ujar peneliti dari China, Dr. Jia Cao, Kamis (19/10/2017).

Penelitian tersebut telah dipublikasikan kepada jurnal penelitian internasional. Tidak cuma tentang kualitas sperma, kualitas waktu tidur juga dapat mempengaruhi lima hal ini, yaitu:

1. Daya Tahan Tubuh
Tidur sangatlah bermanfaat dalam membangun daya tahan tubuh. Karena ketika sedang tidur, sitokin akan dihasilkan dari sistem kekebalan tubuh. Sitokin merupakan berbentuk lapisan sebagai pelindung untuk melawan infeksi dan menjaga tubuh dari virus dan bakteri. Kalau tidak tidur dengan nyaman dan nyenyak, akibatnya sitokin akan gagal dihasilkan dalam jumlah yang cukup sekaligus menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

2. Masalah Jantung
Tidur juga tak kalah penting dalam menjaga kesehatan pembuluh darah. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kurang tidur akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Karena pada waktu jantung sudah harus istirahat dan memperlambat detakannya saat tidur,kini masih harus berdetak terus.

3. Berat Badan
Kurang tidur ternyata juga bisa membuat seseorang akan mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. KarenaTidur akan mempengaruhi dua hormon yaitu leptin dan ghrelin, yang akan mengendalikan rasa lapar.

4. Risiko Diabetes
Ketika seseorang kurang tidur yang cukup, maka dapat berpengaruh pada tingkat insulin. Tubuh akan melepaskan lebih banyak insulin saat selesai makan. Hal ini pada gilirannya menyebabkan meningkatnya risiko diabetes tipe 2.

5. Mempengaruhi Sistem Saraf
Tidur dengan nyaman dan nyenyak sangat berpengaruh pada otak. Jadi kalau tidak bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak, maka bisa mempengaruhi sistem pada saraf. Kurang tidur bisa membuat kelelahan pada otak, jadi dapat berakibat pada gangguan konsentrasi dan pekerjaan jadi terhambat.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you