Berita

Cara Alami Mengatasi Sariawan Yang Mengganggu

on

Jambur.com – Sariawan bisa menyerang siapa saja. Sariawan membuat mulut menjadi perih dan juga tidak nyaman. Pada umumnya telah terjadi di sepanjang selaput lendir, pipi, lidah dan juga langit-langit mulut.

Berikut ini adalah beberapa perawatan yang bisa diterapkan di rumah pada saat menderita sariawan:

1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan ramuan yang memiliki sifat antiseptik dan juga antibakteri yang bila dioleskan secara langsung akan membantu untuk mencegah infeksi pada mulut. Allicin yang merupakan senyawa aktif bawang putih  bisa membantu mengurangi radang pada luka dan juga meningkatkan aktivitas seluler yang akan bisa membantu penyembuhan menjadi lebih cepat.

2. Biji Jeruk Bali

Ekstrak alami dari biji jeruk bali ini memiliki antibiotik kuat yang bisa membantu menghancurkan kuman yang membuat infeksi pada mulut. Antioksidan dalam biji jeruk bali, senyawa disinfektan ini akan melindungi kulit yang terluka di sekitar luka sembari mengurangi peradangan dan juga untuk mencegah bau pada saat menderita sariawan.

3. Yogurt alami


Asam laktat yang terdapat di dalam yogurt membantu mengatur PH mukosa di mulut. Dengan cara ini, yogurt bisa mengurangi keasaman dan juga meningkatkan kehadiran bakteri sehat. Yogurt alami meningkatkan keadaan kulit yang terkena sariawan dan juga untuk mencegah timbulnya infeksi.

4. Kunyit

Pasta yang dibuat dengan kunyit bisa menjadi salah satu solusi efektif untuk mengatasi sariawan dan juga masalah yang lainnya. Akar pada kunyit ini mengandung zat aktif yang dikenal sebagia kurumin. Tidak hanya warnanya saja yang khas, kunyit ini juga memiliki antinflamasi dan juga antibiotik. Caranya, ambillah sedikit kunyit bubuk, basahi dengan sedikit air dan oleskan pasta tersebut ke luka. Biarkan selama dua hingga tiga menit sebelum dibilas. Lakukan perawatan ini dua hingga tiga kali sehari.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you