Berita

Ini manfaat Daun Jambu, No 2 Yang Paling Dicari Wanita

on

Jambur.com – Sudah sejak lama Daun Jambu biji dipakai dalam pengobatan kuno untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Daun jambu ini kaya akan antioksidan, zat antiperadangan, antibakteri, dan tanin yang memang memiliki efek penyembuhan.

Bukan hanya buahnya, daun jambu biji juga bisa diolah menjadi berbagai makanan dan minuman, misalnya diseduh seperti teh atau dijadikan jamu godok.

Dibawah ini kami sajikan beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan daun jambu biji yang diambil dari berbagai sumber.

1. Diare

Meminum air teh daun jambu biji atau mengonsumsi ekstraknya dalam bentuk kapsul bisa membantu kita menyembuhkan diare. Penelitian tahun 2008 yang dilakukan pada tikus di laboratorium menunjukkan ekstrak daun jambu biji terbukti memang memiliki kandungan antidiare. Para peneliti menemukan bahwa ekstrak daun ini mampu menunda terjadinya diare, mengurangi frekuensi buang air besar, dan juga mengurangi keparahan diare.

2. Obesitas

Buah jambu biji memang kaya serat dan memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang berdiet atau dibuat menjadi suplemen. Tetapi ternyata daun jambu biji memiliki manfaat yang hampir sama.Kandungan dalam daun jambu biji menghambat pati kompleks diubah menjadi gula. Dalam tubuh kita gula dimetabolisme oleh liver yang kemudian diubah menjadi lemak. Hal ini yang menyebabkan kenaikan berat badan. Nah, proses ini bisa dihambat oleh zat dalam daun jambu biji.

3. Diabetes

Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji membuatnya jadi buah yang ramah bagi pasien diabetes melitus karena ia memperlambat penyerapan gula dalam darah. Sementara itu, ekstrak daun jambu biji terbukti bisa mencegah diabetes. Teh daun jambu biji juga sudah dipasarkan untuk membantu mencegah diabetes.

4. Kolesterol tinggi

Rutin mengonsumsi daun jambu biji bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Demikian menurut penelitian tahun 2010. Mengonsumsi buahnya juga memiliki khasiat yang sama karena kandungan lemaknya sangat rendah.

5. Kanker lambung

Ekstrak daun jambu biji memiliki kandungan antikanker dan antitumor, misalnya likopen, quercetin dan vitamin C yang akan bekerja sebagai antioksidan dan menetralisir radikal bebas dalam tubuh.

Penelitian tahun 2011 menunjukkan, saat ekstrak daun jambu biji rutin dikonsumsi ternyata bisa memicu sel kanker lambung menyerang dirinya sendiri.

6. Kanker prostat

Daun jambu biji kaya akan likopen yang sangat baik dalam melawan kanker seperti kanker payudara, prostat dan kanker oral. Likopen bekerja dengan menghambat produksi androgen, hormon pria yang bisa memicu pertumbuhan sel pada beberapa jenis kanker prostat.

About Elfanta Purba

Penulis Lepas Tentang Politik, Tips dan Trik

Recommended for you