Berita

Bahaya! Jangan Lakukan Hal Ini Setelah Makan

on

Jambur.com – Normalnya, seseorang makan sebanyak 3 kali sehari. Beberapa orang bahkan ada yang makan lebih dari 3 kali dallam sehari. Setelah makan, kamu pasti akan kembali melanjutkan aktivitas bukan? Namun, tahukah kamu bahwa beberapa hal di bawah ini sebaiknya tidak dilakukan setelah makan.

1. Tidur

Tidur setelah makan merupakan aktivitas yang sebaiknya tidak boleh dilakukan. Hal ini dapat memicu masalah kesehatan yang sangat serius untuk tubuh. Meski sedang tertidur, tubuhbakan tetap bekerja mencerna makanan yang baru saja di makan. Beberapa masalah kesehatan yang dapat terjadi jika kamu sering tidur setelah makan antara lain stroke, heartburn dan penyakit asam lambung.

2. Mandi

Saat mandi temperatur tubuh akan mengalami perubahan. Tubuh harus mengimbangi perubahan temperatur tersebut. Akan tetapi, organ dalam tubuh juga sedang bekerja keras mencerna makanan yang baru di santap. Perubahan suhu tubuh akan mengganggu proses pencernaan tersebut. Jika ingin mandi, sebaiknya kamu beri jarak sekitar 30 menit setelah makan.

3. Olahraga

Beberapa orang beranggapan bahwa makan sebelum olahraga dapat menambah energi tubuh. Namun, kenyataannya tidak demikian, berolahraga berat setelah makan dapat menyebabkan organ pencernaan terganggu. Perut akan sakit dan kamu menjadi mual jika berolahraga terlalu berat. Sebaiknya isi perut 1 jam sebelum berolahraga jika memang benar-benar butuh makan terlebih dulu.

4. Minum Teh

Minum teh setelah makan menjadi kebiasaan beberapa orang. Organ pencernaan bisa terganggu karena daun teh bersifat asam dan mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mencerna makanan. Teh pun mengandung polifenol dan tanin yang mengikat zat besi dan membuatnya sulit diserap tubuh.

5. Merokok

Ada anggapan bahwa kurang afdol jika tidak merokok setelah makan. Padahal kebiasaan ini justru sangat berbahaya bagi tubuh. Nikotin yang terkandung dalam sebatang rokok akan diserap dua kali lipat oleh tubuh dan memberi efek yang berbahaya. Tembakaubdalam sebatang rokok dapat memblokir penyerapan vitamin dan mineral. Jika memang sulit menghentikan kebiasaan ini, setidaknya tunggulah 30 menit setelah makan.

6. Makan Buah

Tubuh mencerna dengan kecepatan yang berbeda-beda tergantung jenis makanan yang dikonsumsi. Buah termasuk makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Jika mau  mengkonsumsi buah setelah makan, maka buah tersebut akan diam dan terfementasi. Hal tersebut mengakibatkan munculnya gas. Sebaiknya mengonsumsi buah pada satu atau dua jam sebelum makan makanan berat.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you