Berita

Sembuhkan Penyakit Ini Dengan Mengkonsumsi Jambu Monyet

on

Jambur.com-Kacang mente banyak dijadikan cemilan atau campuran coklat maupun kue. Kacang yang memiliki rasa gurih ini berasal dari jambu monyet. Buahnya sendiri tidak sepopuler kacangnya. Namun, tahukah Anda jika jambu monyet memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan dan bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

Sebagaimana yang dilansir dari jurnal European Food Research and Technology pada tahun 2000, jambu monyet mengandung vitamin C empat kali lebih banyak dari jeruk. Dalam 100 ml sari jambu monyet terdapat sekitar 203.5 mg vitamin C. Jambu monyet yang mentah mengandung 39 kalori, 0,3 gram lemak,13 mg fosfor, 9 gram karbohidrat, dan 0.1 protein setiap 100 gramnya.

Dalam buahnya yang merah mengandung tannin sekitar 35%. Menurut Julia Morton dari Purdue University, dalam sari jambu monyet terkandung tannin yang bisa menyembuhkan sakit tenggorokan dan disentri kronis di negara Brazil dan Kuba. Bila mengonsumsi jusnya bisa merangsang buang air kecil dan keluarnya keringat. Berikut beberapa manfaat lain dari jambu monyet bagi kesehatan:

1. Obat rematik
Penyakit rematik merupakan hasil dari peradangan pada bagian salah satu tubuh. Jambu monyet bisa membantu meredakannya. Tidak ada salahnya rutin mengonsumsi buah ini agar terhindar dari penyakit rematik.

2. Baik untuk jantung
Jambu monyet sangat baik untuk kesehatan jantung dan mampu menurunkan kadar trigliserid dalam tubuh yang berkaitan dengan penyakit jantung.

3. Obat radang tenggorokan
Radang tenggorokan memang sangat mengganggu saat berbicara dan makan. Nah, radang tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi jus jambu monyet, konsumsi secara rutin setiap hari. Obat radang yang satu ini sangatlah alami dan menyehatkan.

4. Membantu membakar lemak
Jambu monyet sangat bermanfaat bagi tubuh sebagai penyuplai energi dan membantu dalam membakar lemak ketika olahraga.

5. Mengatasi sembelit
Sembelit adalah penyakit yang menyebabkan gangguan dalam sistem pencernaan. Akibatnya kesulitan saat BAB. Jambu monyet akan melancarkan pencernaan, sehingga sembelit akan hilang dengan sendirinya.

6. Tinggi kalsium
Kalsium yang terkandung dalam jambu monyet sangat baik untuk tulang dan otot.

7. Mengontrol tekanan darah
Rutin mengonsumsi jambu monyet akan membantu mengontrol darah agar tekanannya tidak terlalu tinggi ataupun rendah. Tekanan darah tinggi menyebabkan penyakit hipertensi. Itulah mengapa buah ini sangat baik untuk mengatasi darah tinggi seperti hipertensi.

8. Mengatasi sariawan
Vitamin C yang tinggi dalam jambu monyet bisa mengatasi sariawan. Sariawan terkadang muncul akibat kurangnya menjaga kesehatan mulut dan tubuh juga kurang vitamin C.

9. Obat asma
Bagi yang memiliki penyakit asma yang ingin sembuh bisa di obati dengan buah ini. Khasiatnya adalah membantu melancarkan sistem pernafasan, sehingga asma tidak sering kambuh.

10. Penangkal radikal bebas
kandungan vitamin C yang tinggi dalam jambu monyet juga akan menangkal serangan radikal bebas. Fungsi dari antioksidan yang bagus untuk dicerna berguna sebagai penangkal dari radikal bebas.

About Yogi Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you