Berita

Kematian Anda Bisa Di Prediksi Dari Kecepatan Berjalan

on

Jambur.com – Tau kah anda, ternyata kecepatan kita dalam berjalan ternyata bisa menjadi alat untuk memprediksi waktu kematian kita akibat dari penyakit jantung. Begitulah kesimpulan para peneliti di Inggris yang dimuat di Live Science .

Pada bulan Agustus yang lalu para peneliti melakukan penelitian terhadap 420 ribu orang yang berusia paruh baya di Inggris dan kehidupan mereka terus dipantau selama enam tahun lamanya. Tidak ada peserta yang mengidap sakit jantung pada saat awal penelitian. Peserta diminta menjelaska cara berjalan mereka, cepat, sedang, atau lambat. Kemudian para peserta juga diwajibkan menjalani tes di laboratorium untuk mengetahui kondisi kebugaran tubuh mereka.

Mereka yang mengaku biasa berjalan dengan lambat ternyata lebih berisiko meninggal akibat penyakit jantung antara 1,8 hingga 2,4 kali lipat dibanding mereka yang cepat berjalan.

Risiko semakin tinggi pada mereka yang memiliki indeks massa tubuh (BMI) rendah karena tandanya orang kurang gizi atau kehilangan banyak jaringan, atau yang dikenal dengan istilah sarkopenia. Selain itu, berdasarkan hasil tes tersebut, kecepatan berjalan juga berhubungan dengan tingkat kebugaran tubuh.

Artinya, kondisi berjalan lambat juga dapat menjadi pemicu risiko kematian akibat penyakit jantung yang lebih tinggi lagi. Akan sulit, untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat jika tanpa penelitian lebih lanjut.

About Elfanta Purba

Penulis Lepas Tentang Politik, Tips dan Trik

Recommended for you