Berita

Tips Mengetahui Es Batu Dengan Air Matang Dan Es Batu Air Mentah

on

Jambur.com – Tidak terlepas dengan es batu, kita pasti suka minum dicampur dengan es batu agar minuman lebih berkesan dan segar. Apalagi minum es saat cuaca panas adalah pilihan nomor satu yang wajib dilakukan karena rasa dinginnya yang menyegarkan. Untuk melengkapi kesegaran minuman, es batu tentunya menjadi salah satu bahan yang tidak boleh ketinggalan.

Es batu dikenal dengan harganya yang murah dan pembuatannya juga sangat mudah. Namun siapa sangka di balik harganya yang murah tersebut, patut diwaspadai mengingat sudah banyak sekali ditemukan pedagang es yang memproduksi es batu dengan cara yang tidak benar. Contohnya, menggunakan air mentah sebagai bahan baku untuk menambah keuntungan yang berlipat ganda. Bahkan ada juga yang menambahkan bahan berbahaya seperti kaporit agar es batu.

Sebagai tindakan dalam pencegahan dan kewaspadaan terhadap es batu khususnya yang dijual di pasaran, berikut tips praktis mengidentifikasi es batu yang layak dan tidak layak dikonsumsi.

1. Es batu berbahan air matang akan terlihat bening, biasa disebut sebagai es kristal atau ice cube. Es batu dari air matang akan terlihat bening mengkristal dikarenakan gas yang terdapat dari air terlepas atau menguap saat proses perebusan

2. Es batu berbahan air mentah umumnya terlihat berwarna putih salju. Biasanya terdapat gelembung-gelembung pada es tersebut. Hal ini terjadi dikarenakan masih banyaknya gas terlarut yang berada di dalam es batu tanpa melalui proses perebusan.

3. Kandungan bakteri es batu yang tak layak dikonsumsi lebih banyak ketimbang bakteri yang ada pada toilet. Para ahli mengatakan bahwa hal ini biasa terjadi karena faktor mesin pembuat es atau tempat penyimpanan yang jarang dibersihkan.

4. Es batu yang diolah dari air mentah ataupun diolah dengan cara yang tidak benar akan menyebabkan masalah kesehatan yang menimbulkan bakteri yang menyerang sistem pencernaan. Akibatnya penyakit seperti diare dan muntaber mudah terjadi, bahkan bisa menimbulkan kerusakan pada ginjal dan melemahkan dinding usus pada anak kecil yang memiliki daya tahan tubuh kurang.

Kalau dipikir-pikir, sekilas es batu memang terlihat aman-aman saja, namun setelah ditelisik lebih jauh es batu menjadi salah satu pemicu gangguan kesehatan yang serius. Apalagi es batu yang terbuat dari air mentah dan diolah serta diperlakukan dengan cara yang sembarangan.

Jadi jika ingin aman, buatlah es batu sendiri, yang bisa membuatmu yakin akan higienisnya es batu yang kamu buat.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!