Berita

Ingin Anak Menyukai Sayur Dan Buah, Begini caranya!

on

Jambur.com – Sayur dan buah-buahan merupakan makanan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Apalagi bagi anak-anak, dimana asupan nutrisi sangat mempengaruhi pertumbuhan tubuh dan otaknya. Maka untuk itu, kedua makanan itu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Namun faktanya, bagi sebagian orang tua membiasakan anak untuk memakan sayuran bukanlah pekerjaan yang mudah.

Banyak orang tua yang mengaku kewalahan untuk membuat anaknya mau memakan sayura dan buah. Persoalan tersebut sebenarnya sangat erat kaitannya dari kebiasaan orang tua pula terkhususnya ibu. Jenis makanan yang sering dimaka ibu saat mengandung sangat berpengaruh besar terhadap makanan yang akan disukai bayi di kemudian hari.

Maka untuk dapat membuat anak suka terhadap sayur dan buah dapat disiasati sejak bayi masih berada didalam kandungan. Jika ibu membiasakan diri untuk memakan buah dan sayur saat mengandung maka anak jadi terbiasa mengecap rasa buah dan sayur melalui air susu ibunya. Jika hal itu dilakukan maka tidak akan sulit untuk mebuat seorang anak untuk menyukai buah dan sayur.

Dikutip dari laman Independent.co.uk peneliti dari Monell Chemical Senses Center di Philadelphia menyimpulkan bahwa bayi yang mendapatkan ASI dari ibu yang suka makan buah dan sayur akan cenderung lebih menyukai sayuran dan buah di kemudian hari.

Saat Bayi mulai dikenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI) di usia 6 bulan, rasa sayur mungkin terlalu pekat bagi mereka. Tetapi jika mereka sudah terbiasa mengecap rasa sayur selama dalam kandungan maka rasa sayur tidak akan aneh baginya.

“Setiap pengalaman indrawi setiap bayi unik, tapi rasa makanan pertama mereka sejak di kandungan sangat tergantung pada apa yang dimakan ibunya,” kata Julie Mennella, penulis studi utama dan seorang biopsikologi.

Menurut Julie, melalui ASI merupakan cara yang terbaik untuk memperkenalkan bayi pada sayur dan buah sedini mungkin.

About Elfanta Purba

Penulis Lepas Tentang Politik, Tips dan Trik

Recommended for you