Kesehatan

BAHAYA, Udara Sehat Jakarta Hanya Ada 70-80 Hari Setahun

on

Jambur.com, Jakarta – Polusi udara di Jakarta sudah sangat berbahaya bagi kesehatan manusia yang hidup di ibu kota Indonesia ini. Buruknya kualitas udara di Jakarta dapat terlihat dari Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang angkanya lebih dari 100.

Udara perkotaan tergolong baik bila memiliki angka ISPU 0- 50 (hijau), sedangkan pada angka 51-100 (biru), tidak sehat pada angka 101-199 (kuning), sangat tidak sehat pada 200-299 (merah), dan berbahaya pada angka di atas 300 (hitam).

Menurut data WHO 2016 menempatkan Jakarta dan Bandung dalam sepuluh kota dengan pencemaran udara terburuk di Asia Tenggara.

Data Greenpeace Indonesia menyebutkan, pada semester pertama 2016, tingkat polusi udara Jakarta sangat mengkhawatirkan yaitu berada pada level 4,5 kali dari ambang batas yang ditetapkan World Health Organization (WHO), dan tiga kali lebih besar dari standar yang ditetapkan Pemerintah Indonesia.

Agus Dwi Susanto, ahli paru dari Divisi Paru Kerja dan Lingkungan Departemen Pulmonologi FKUI-RS Persahabatan, mengatakan bahwa udara sehat di jakarta hanya ada selama 70 – 80 hari dalam setahun.

“Kualitas udara Jakarta masuk dalam kondisi ISPU sehat hanya 70-80 hari saja dalam setahun. Sementara pada hari kerja mulai Senin hingga Jumat, ISPU Jakarta tergolong tak sehat” ujarnya seperti dikutippada halaman sindonews, sabtu, (26/8/2017).

“Polusi udara bersumber dari komponen gas dan partikel. Gas bersifat afiksia seperti CO2, misalnya, begitu terhirup akan berikatan dengan darah sehingga kadar oksigen berkurang,” tambahnya.

 

About Endut Angin

Junior Editor dan Penulis Rubrik Olahraga, Hiburan, Teknologi dan Politik

Recommended for you