Gaya Hidup

Cara Mengetahui Waktu Subur Wanita Secara Tepat Dan Akurat

By

on

Jambur.com/Berita Kesehatan – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rumah Sakit New York-Presbyterian / Weill Cornell Medical College mengungkapkan bahwa cara mengetahui masa subur wanita dengan menggunakan aplikasi ternyata tidak bekerja dengan baik.

Dari penelitian itu diketahui, dari 53 aplikasi penghitung untuk mengetahui waktu subur wanita, hanya 4 yang terbukti akurat mengetahui masa kesuburan wanita.

Aplikasi yang digunakan pada umumnya adalah dengan cara menghitung masa subur berdasarkan lamanya periode haid. Masalahnya,kebanyakan wanita tidak memiliki siklus haid yang bisa diprediksi.

“Jika siklus Anda tepat 28 hari dan itu tepat seperti jam, maka mungkin aplikasi-aplikasi itu cukup akurat untuk memrediksi masa subur Anda,” Ujar Lauren Streicher, M.D., seorang profesor kebidanan dan kandungan di Northwestern University Feinberg School of Medicine.

Lauren juga menambahkan bahwa walaupun setiap wanita memiliki periode haid bukan berarti otomatis memiliki masa subur. Karena ada wanita yang haid tapi tidak mengalami ovulasi setiap bulan.

Jadi bagaimana cara mengtahui masa subur wanita secara akurat dan tepat?

1. Memeriksa cairan serviks Anda.

Jika terlihat seperti putih telur mentah dan bisa membentang sekitar 2,5 inci di antara jari-jari tangan tanpa putus, Anda mungkin sedang ada dalam masa subur.

2. Dengan alat tes kesuburan.

Cara pakainya sama dengan alat tes kehamilan, yaitu Anda harus meneteskan air seni Anda ke dalam alat itu.

3. Memeriksa kadar progesteron

Dokter akan melakukan tes darah untuk memeriksa kadar progesteron (hormon reproduksi utama yang kadarnya naik di sekitar waktu Anda berovulasi).

Streicher menyarankan, Anda berhubungan seks dalam waktu 24 jam setelah mendapatkan hasil ovulasi yang positif. Perlu diingat, kesempatan hamil juga ditentukan oleh motilitas dan kualitas sperma pria Anda.

About Vadhona

Penulis Lepas Rubrik Teknologi, Kesehatan, Selebritis dan Gaya Hidup

Recommended for you