Gaya Hidup

Terlalu Lama Tidur Siang Ternyata Meningkatkan Risiko Kematian Dini

By

on

Jambur.com/Berita Kesehatan – Tidur siang lebih dari 40 menit ternyata dapat meningkatkan risiko kematian dini. Hal ini diungkap oleh sebuah penelitian yang dipresentasekan di konferensi tahunan American College of Cardiology.

Studi itu melibatkan 300 ribu orang, peneliti menemukan bahwa tidur siang panjang memiliki hubungan dengan sindrom metabolisme seperti obesitas, tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Dikutip pada The Daily Mail, Minggu (27/3/2016), tidur siang memang menyehatkan. Namun, jika lebih dari 40 menit, maka akan dapat memicu terjadinya kematian dini.

Pada studi itu, peneliti menanyakan  apakah para responden biasa tidur siang, kemudian peneliti juga melihat riwayat kesehatan mereka seperti obesitas, diabetes, atau sindrom metabolik. Dari penelitian terebut, peneliti menemukan kolerasi antara jangka waktu tidur siang dengan riwayat kesehatan.

Studi ini menunjukkan, bahwa selama tidur siang panjang, tubuh berpikir saatnya harus tidur nyenyak. Hal itu menyebabkan siklus metabolik menjadi berubah saat bangun. Sedangkan dengan tidur siang singkat, tubuh tidak memasuki fase tidur yang dalam sehingga tidak mengalami sentakan tersebut.

Peneliti, Dr Tomohide Tamada, PhD, deabetologis di University of Tokyo mengatakan bahwa tidur siang hal yang lazim di dunia. Koleras tidur siang dan penyakit metabolistik mungkin menawarkan strategi baru bagi pengobatan bagia penyakit metabolik yang akhir-akhir ini terus meningkat.

“Tidur adalah komponen yang penting dalam pola hidup yang sehat, seperti pola hidup dan olahraga. Tidur siang singkat dapat memberikan efek menguntungkan bagi kesehatan. Namun, belum diketahui bagaimana efek tersebut bekerja” Jelas Dr  Tomohide

About Vadhona

Penulis Lepas Rubrik Teknologi, Kesehatan, Selebritis dan Gaya Hidup

Recommended for you