Internasional

Vladimir Putin : Program Senjata Korea Utara Bisa Menjadi Malapetaka Global

on

Jambur.com/Berita Ingternasional Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan bahwa krisis yang meningkat mengenai program senjata Korea Utara berisiko berkembang menjadi “malapetaka global” dengan korban jiwa.
Tapi Putin, yang berbicara di China pada hari Selasa, memperingatkan terhadap “histeria militer” dan mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk menyelesaikan krisis adalah melalui diplomasi.

Dia memperingatkan bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah menghitung bahwa kelangsungan hidup rezimnya bergantung pada pengembangan senjata nuklirnya. Kim telah melihat bagaimana intervensi Barat di Irak telah berakhir dalam penggulingan Saddam Hussein setelah negara tersebut dilanda perang, Putin memperingatkan, dan Kim bertekad untuk tidak mengalami nasib yang sama.
“Saddam Hussein menolak produksi senjata pemusnah massal, tapi meski dengan alasan itu, dia hancur dan anggota keluarganya terbunuh,” kata Putin.

“Negara itu dibongkar dan Saddam Hussein digantung. Semua orang tahu itu dan semua orang di Korea Utara tahu itu.”

Pada hari Senin, Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley mengatakan bahwa Kim “mengemis untuk perang” dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk menerapkan sanksi terkuat yang mungkin dilakukan untuk menghentikan program nuklir Pyongyang.

Namun berbicara pada penutupan KTT BRIC di Beijing – yang menjadi tuan rumah para pemimpin Brazil, India, China dan Afrika Selatan – Putin mengatakan bahwa sementara Rusia mengecam tindakan terbaru Korea Utara, menjatuhkan sanksi apapun akan “tidak berguna dan tidak efektif. . ” Kim lebih suka kelaparan bangsanya daripada melihat rezimnya digulingkan, katanya.

“Mereka akan makan rumput tapi mereka tidak akan berpaling dari jalan yang akan memberi keamanan mereka,” katanya.

Eskalasi krisis terbaru terjadi pada hari Minggu ketika Pyongyang mengumumkan telah melakukan uji coba nuklir keenam, yang diklaim merupakan bom hidrogen. Klaim tersebut belum diverifikasi secara independen, namun data seismologis menunjukkan bahwa senjata tersebut adalah senjata paling kuat yang pernah diledakkan oleh Pyongyang.Korea Utara mengklaim bahwa pihaknya sekarang memiliki kemampuan untuk memasang senjata termonuklir pada rudal jarak jauh yang mampu menyerang Amerika Serikat.Pakar senjata mengatakan hampir tidak mungkin untuk memverifikasi apakah hulu ledak dan rudal dapat berhasil dipasangkan kecuali Korea Utara harus menyalakan ICBM berujung nuklir.Korea Utara telah melakukan uji coba sejumlah rudal musim panas ini, termasuk dua pesawat tempur jarak jauh pada bulan Juli dan jarak menengah satu di bulan Agustus yang meluap ke pulau Hokkaido di Jepang. Korea Selatan telah mengklaim bahwa Korea Utara sedang melakukan persiapan untuk tes ICBM lainnya.

Putin mengatakan bahwa jelas bahwa Pyongyang sudah memiliki kemampuan nuklir – dan bagaimanapun, tidak ada sistem pertahanan rudal yang dapat memberikan perlindungan yang memadai terhadap artileri jarak jauh konvensional.

“Kami tahu bahwa Korea Utara memiliki nuklir, kami juga tahu bahwa Korea Utara memiliki artileri jarak jauh dan memiliki jenis senjata lainnya dan tidak ada senjata melawan artileri jarak jauh – dan senjata ini bisa sulit ditemukan.
“Jadi kita berpikir bahwa histeria militer ini tidak akan menghasilkan hasil yang baik, bisa mengakibatkan bencana global dengan banyak korban.”

Sebagai tanggapan atas tes terakhir, Angkatan Laut Korea Selatan mengumumkan pada hari Selasa bahwa pihaknya melakukan latihan api langsung di lepas pantai timur Semenanjung Korea untuk memeriksa “kesiapan operasionalnya segera” setelah angkatan udara dan tentara negara tersebut melakukan latihan bersama mereka sendiri. Itu telah menunjukkan kekuatan militer yang besar pada hari Senin.
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berbicara dengan Presiden AS Donald Trump pada hari Senin dan setuju untuk mencabut pembatasan muatan balistik Korea Selatan saat ini, menurut juru bicara kepresidenan Korea Selatan.

 

About Putra Tarigan

Penulis Lepas Rubrik Politik, Hukum dan Hiburan

Recommended for you