Inspirasi

Hari Ibu Sebagai Peringatan Perjuangan Seorang Ibu

on

Jambur.com/Artikel – Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik itu untuk suami, anak maupun di lingkungannya. Makna dari memperingati itu untuk menghargai peran seorang ibu yg mempunyai jasa sepanjang hayatnya. Peringatan ini dirayakan hampir diseluruh Indonesia setiap tanggal 22 Desember.

Bagi setiap orang, momen hari Ibu ini selalu diperingati dengan cara yang berbeda-beda. Meskipun begitu, yang menjadi bagian terpentingnya adalah bagaimana makna sejarah tentang hari ibu dan peran sang ibu itu sendiri tidak akan terlupakan sepanjang masa. Peran seorang ibu sejatinya hanyalah wanita biasa. Seorang ibu merupakan salah satu mahluk ciptaan dan karunia Tuhan yang terindah.

Sejatinya, sosok seorang ibu selalu digambarkan dengan ketenangan, kelembutan, penuh cinta, kasih sayang dan sebagai petarung kehidupan yang hebat. Sosok seorang ibu ini sangatlah pantas untuk saling melengkapi kehidupan seorang pria yang juga berperan sebagai ayah. Perjuangan seorang ibu sangatlah patut kita hargai karena ia juga rela berkorban dan mempertaruhkan nyawanya demi melahirkan kita anak-anaknya.

Di zaman dulu bahkan mungkin hingga saat ini, ada saja yang memposisikan “derajat” wanita yang selalu ‘dinomor duakan’, karena menurut mereka seorang ibu hanya boleh melakukan pekerjaan yang ringan-ringan saja, bahkan hanya duduk diam mengurus anak, dan menjadi hal yang tabu jika seorang ibu atau wanita menjadi seorang pemimpin.

Namun, “pemikiran usang” seperti itu atas posisi wanita sebagai mahluk yang lemah perlahansudah mulai memudar seiring berkembangnya teknologi dan tuntutan zaman. Di zaman modern seperti ini, seorang ibu ataupun wanita bebas menentukan pilihannya pekerjaan seperti apa yang dikehendakinya bahkan kesempatan dalam memimpin perusahaan, partai politik atau bahkan menjadi pemimpin negara sekalipun.

Selamat hari Ibu kepada semua Ibu yang ada di bumi.

 

Oleh : Sarinah Echa Tirtani

About Putra Tarigan

Penulis Lepas Rubrik Politik, Hukum dan Hiburan

Recommended for you