Inspirasi

GmnI UNIKA ST. Thomas Medan Makan Siang Bersama Anak Jalanan

on

Jambur.com/Berita Mahasiswa – Sekitar pukul 13.30 siang Senin (16/10/2017) kemarin, beberapa aktivis mahasiswa yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan yang bernama Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GmnI) yang berkuliah di Universitas Katolik ST. Thomas Medan terlihat mendatangi beberapa anak jalanan yang selalu berkumpul di salah satu lampu merah persimpangan antara Ring Road Medan ke Setiabudi.

Siang itu anak jalanan tersebut tengah melakukan aktivitas mengamen dan sesekali terlihat di antara mereka ada yang mengemis kepada para pengendara sepeda motor dan mobil yang tengah berhenti saat lampu merah menyala.

Secara spontan mahasiswa yang tergabung dalam GmnI tersebut berjalan menghampiri para anak jalanan tersebut sembari membawa dua buah kantongan plastik besar yang di dalamnya terdapat beberapa bungkus makanan beserta air minumnya.

Tanpa dikomando, Bung Jon Kennedi Sitorus atau yang kerap disapa Bung Ken bersama Bung Brema Sitepu dan kawan-kawan langsung membagikan nasi bungkus beserta air minum mineral yang dibungkus kantongan plastik yang mereka bawa kepada anak-anak jalanan yang tengah duduk berteduh dari teriknya matahari kala itu di sebuah emperan toko.

Anak-anak jalanan tersebut menerima bingkisan makanan yang dibagikan oleh mahasiswa UNIKA ST. Thomas. mereka menikmati makanan tersebut dengan lahapnya sebab uang hasil mengamen mereka dari pagi hingga siang belum juga cukup untuk membeli makan siang mereka. Tanpa rasa canggung ataupun risih, para mahasiswa yang juga aktivis GmnI tersebut, juga ikut menikmati makan siang bersama anak jalanan tersebut di emperan toko yang sedang tutup.

“Kami hanya ingin berbagi sedikit dari apa yang kami punya kepada anak-anak jalanan ini yang seharian harus berjuang melawan panas terik disertai lapar dan haus hanya untuk bertahan hidup sehari-harinya. Tidak tega rasanya melihat anak-anak sekecil itu harus turun ke jalan mengamen bahkan mengemis hanya untuk bertahan hidup setiap harinya,” kata Bung Kenedi Sitorus yang berasal dari Komisariat Fakultas hukum UNIKA ST. Thomas, Medan.

Tidak hanya sekedar membagikan makanan dan minuman saja, mereka juga menyempatkan diri untuk bercengkrama dan bersenda gurau bersama para anak jalanan itu. Sekejap saja terjalin keakraban di antara mereka tanpa ada sekat atau pun batasan antara mahasiswa dengan anak jalanan yang kadang di identikkan dengan hal-hal negatif bahkan terkadang sebagai “masalah” dalam lingkungan sosial masyarakat.

“Kami hanya ingin mencoba memanusiakan manusia, mencoba untuk lebih peka dan perduli terhadap sesama manusia yang harusnya saling melindungi dan mengayomi yang mana bahkan hal-hal seperti itu diajarkan dalam organisasi kami, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GmnI) yang berazaskan Marhaenisme seperti ajaran Bung Karno,” ucap Bung Brema

About Putra Tarigan

Penulis Lepas Rubrik Politik, Hukum dan Hiburan

Recommended for you