Hukum

KPK Tolak Permintaan DPR Untuk Tunda Pemeriksaan Setnov

on

Jambur.com – Pada hari Selasa kemarin, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta supaya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunda pemeriksaan Setya Novanto sebagai tersangka  dari kasus e-KTP sebelum praperadilan selesai. Permintaan DPR tersebut dimuat dalam surat yang diantarkan Kepala Biro Kesekjenan DPR Hani Tahapsari ke KPK.

Baca : KPK Minta DPR Tunda Pemerikasaan Setya Novanto

Namun pihak KPK mengatakan tidak akan memenuhi permintaan DPR tersebut. Hal itu dinyatakan oleh wakil ketua KPK, Saut Situmorang. Saut mengatakan bahka KPK akan terus melanjutkan penyidikan terhadap ketua DPR RI tersebut.  Penyidikan bisa dihentikan ketika sudah ada keputusan praperadilan yang memenangkan gugatan Setya Novanto.

“Enggak bisalah (dihentikan). Forumnya kan ada praperadilan dan sudah ada KUHAP yang mengatur,” ucapnya, Selasa malam, 12 September 2017

Menurut Saut, sudah selayaknyalah masalah hukum diselesaikan dengan hukum pula, tidak boleh dicampuri dengan urusan politik.

“Betul, akan ada irisan politik pada hukum. Tapi jembatannya manajemen, bukan pada kasus,” ujarnya

Juru bicara KPK, Febri Diansyah menuturkan, tidak ada satu aturan pun yang mengharuskan KPK menghentikan sementara atau menunda penyidikan kasus korupsi kartu tanpa penduduk elektronik atau e-KTP yang saat ini sedang berjalan. Febri juga memastikan KPK akan tetap mengagendakan pemeriksaan saksi-saksi dalam kasus yang merugikan negara tersebut.

“Untuk tersangka SN pun, kami berencana memanggilnya kembali setelah tidak hadir kemarin,” tegasnya.

About Elfanta Purba

Penulis Lepas Tentang Politik, Tips dan Trik

Recommended for you