Hukum

PNS Perempuan Makin Berani Gugat Cerai Suami, Ini Penyebabnya

on

Jambur.com/Berita Hukum –  Di Pengadilan Agama ( PA) Banjarbaru, Kalsel, pada tahun 2015 tercatat ada 126 perkara perceraian yang melibatkan Pegawai Negeri Sipil (PNS).  70 persen diantaranya merupakan gugat cerai yang diajukan Istri.

“Hampir 70 persen cerai gugat (diajukan istri), sementara sisanya cerai talak (diajukan suami),” kata Panitera PA Banjarbaru, Murthada seperti dilansir dari JPNN.

Hal yang sama juga terjadi pada tahun 2014, yang jumlahnya perkara perceraian mencapai ratusan kasus. Sementara hingga di pertengahan tahun 2016 jumlah PNS  yang bercerai sudah mencapai 33 orang.

“Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, di tahun ini yang paling banyak menggugat juga si istri,” ungkap Murthada.

Apa penyebab PNS perempuan gugat cerai suami ?

Murthada menuturkan, ada banyak faktor yang melatarbelakangi perceraian. Namun yang paling banyak ialah faktor ekonomi. Selain faktor ekonomi, ia mengungkapkan perceraian PNS juga seringkali dipicu  adanya orang ketiga.

“Kebanyakan perempuan yang menjabat sebagai PNS berani menggugat cerai, lantaran mereka punya penghasilan sendiri. Sementara suaminya dianggap tidak cukup memberikan nafkah untuk keluarga, “Orang ketiga juga yang melatarbelakanginya adalah ekonomi, di mana pasangan ingin bercerai lantaran mendapatkan seseorang yang lebih mapan” Jelas Murthada.

Banyaknya Gugatan Cerai yang dilakukan oleh Istri, juga terjadi di Pengadilan Agama Martapura. Jumlah perkara yang diterima PA Martapura juga menyebutkan bahwa ASN wanita lebih banyak menggugat (cerai gugat) dibandingkan cerai talak.  Hal ini diungkapkan oleh Panitera PA Martapura Mukhyar.

“Iya banyak istri yang menggugat suami,” Ujar MUkhyar

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalsel M Thamrin juga mengakui jika banyak PNS wanita yang menggugat cerai suaminya. Menurutnya faktor utamanya adalah ketidakcocokan.

Biasanya suami tidak terlalu memahami bagaimana kehidupan seorang PNS,” Ujar M Thamrin

About Magdalena

Penulis Lepas Rubrik Kesehatan, Gaya hidup dan Hiburan

Recommended for you