Gaya Hidup

Diet Sehat Alami Pasca Melahirkan

on

Jambur.com/Tips – Banyak wanita yang baru melahirkan menganggap bentuk tubuhnya menjadi tidak menarik hingga membuat rasa kurang percaya diri akibat tubuh yang terasa ‘melar’ setelah  melahirkan. Namun, seyogyanya kekhawatiran para wanita yang baru melahirkan akan bentuk tubuh yang dianggap sudah ‘melar’ dan menjadi ‘gemuk’ pasca melahirkan adalah momok yang harusnya tak perlu ditakuti lagi.
Berikut ini ada beberapa cara atau tips yang bisa dilakukan tanpa harus melakukan diet yang gila-gilaan untuk mengembalikan bentuk tubuh kembali seperti semula.

1. Menyusui si adik bayi

Menurut beberapa penelitian, menyusui adalah cara paling alami untuk mengembalikan berat badan pasca melahirkan. Karena tubuh butuh asupan kalori dan nutrisi lainnya dalam jumlah banyak ketika memproduksi ASI. Sehingga timbunan lemak akan lekas hilang dan membuat tubuhmu kembali proporsional.

 

2.Merawat bayi tanpa bantuan babysitter

Cara yang satu ini juga tak kalah efektif untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti sedia kala, sebab mengurus bayi yang baru lahir memang tidaklah mudah. Tetapi kamu akan lekas beradaptasi sehingga lebih terbiasa untuk melakukannya sendiri. Mengurus bayi membutuhkan banyak energi. Hal ini dikarenakan oleh adanya aktivitas tubuh yang selalu bergerak sehingga dapat membakar timbunan lemak tubuh.

 

3.Mengerjakan pekerjaan rumah tangga

Jangan menganggap remeh pekerjaan rumah tangga seperti memasak, mencuci baju, dan membersihkan rumah. Karena pekerjaan-pekerjaan tersebut menjadi alternatif aktivitas fisik yang baik bagi ibu rumah tangga. Proses pembakaran kalori akan berlangsung maksimal jika kamu senantiasa menyelesaikan pekerjaan rumah tangga setiap hari karena adanya aktivitas anggota tubuh yang selalu bergerak.

 

4.Mengonsumsi air putih

Tubuhmu membutuhkan asupan air dalam jumlah cukup untuk mendukung aktivitas metabolisme. Oleh sebab itu, usahakan untuk mengonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari. Air juga dibutuhkan untuk mendukung proses produksi ASI secara maksimal. Kurangi konsumsi minuman manis dan gantilah dengan air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu.

 

5.Berenang bersama adik bayi

Aktivitas bermain di air sambil berenang bersama bayi dapat dilakukan bersama bila usianya sudah memungkinkan. Berenang dipercaya sebagai salah satu cara terbaik untuk membakar kalori tanpa risiko cidera yang membahayakan ibu dan si bayi. Otot-otot tubuh akan menjadi rileks dan terasa kencang seperti sebelumnya.

Menjaga kebugaran sambil menjalankan tips diet sehat di atas dapat meningkatkan stamina tubuh dalam menjaga asupan ASI bagi si bayi sekaligus menurunkan berat badan pasca mengandung maupun melahirkan si bayi secara teratur dan sehat.

About Putra Tarigan

Penulis Lepas Rubrik Politik, Hukum dan Hiburan

Recommended for you