Gaya Hidup

Begini Cara Nenek Penjual Bubur Peroleh Biaya Naik Haji

on

Jambur.com/Berita Inspirasi – Siapa bilang penjual bubur tidak bisa naik haji? Buktinya Nawati (60), warga desa Cerme Lor, Kecamatan Cerme, Gresik adalah contoh nyata bahwa hasil seorang penjual bubur dapat membiayai dirinya naik haji.

Nawati sepertinya mengatakan bahwa siapapun dapat mencapai sesuatu bila ada usaha, kesabaran dan ketekunan dalam menjalankannya. Hal ini kiranya benar-beran dilakukan oleh Nawati dalam proses mencapai harapannya agar dapat menunaikan ibadah haji.

Biaya untuk naik haji bukanlah sedikit dan sangat kecil kemungkinan bagi seorang penjual bubur seperti Nawati, namun karena niat Nawati yang begitu besar, anggapan bahwa tukang bubur tidak mungkin naik haji dibantahnya dengan sebuah bukti.

Dari hasil menjual bubur, Nawati setiap hari menyimpan uang sebesar Rp.10.000,-. Akhirnya setelah tekun menabung selama 10 tahun, Nenek ini berhasil naik haji. Nenek satu cucu ini dijadwalkan berangkat ke tanah suci Mekkah pada kloter 39 yang berangkat Rabu (24/8/2016).

Usaha berjualan bubur tersebut sudah dijalani sejak usia 15 tahun. Selama lebih dari 45 tahun dia menjual bubur.Awalnya keliling, namun sekarang sudah menetap berjualan di Pasar Cerme sampai habis.

” Dulu, kalau tidak habis, dijual keliling kampung. Sekarang menetap berjualan di Pasar Cerme sampai habis,” kata Nawati seperti dikutip pada kompas, selasa (23/8/2016)

Perjuangan Nawati untuk menabung, bukan tanpa halangan karena belum tentu setiap hari dirinya bisa menyimpan uang sebesar 10 Ribu rupiah. Namun hal ini dia siasati akan menabung lebih bila ada sisa penjualan yang berlebih.

“Kalau ada lebih ya ditabung. Kalau tidak ada ya tidak menabung. Besoknya, kalau ada lebih menabung lagi.” Ujar Nawati

Dalam menjalani kehidupan sebagai Penjual bubur, Nawati menajalaninya tetap dengan semangat dan setipa hari menjual bubur.

“Semangat, setiap hari harus berangkat berjulan bubur,” Jelas wanita yang disapa Mak Ati ini.

About Magdalena

Penulis Lepas Rubrik Kesehatan, Gaya hidup dan Hiburan