Berita

Makan Protein Saat Sahur Membuat Tetap Semangat Beraktivitas

By

on

Jambur.com – Orang yang berpuasa dianjurkan untuk mengkonsumsi protein saat sahur agar tetap bersemangat dalam beraktivitas pada siang hari. Sehingga dengan demikian umat muslim yang beribadah puasa dapat tetap dapat menjalankan aktivitas hariannya.

Sumber_protein

Sumber Protein

 

Saat menjalankan puasa perut kosong selama 14 jam, hal ini membuat orang yang berpuasa kurang semangat dan lemas, karena tidak ada bahan yang diolah untuk menjadi energi.Hal ini dapat disiasati dengan cara banyak mengkonsumsi protein saat sahur terutaman protein hewani.

Hal ini dinungkap oleh Kepala Instalasi Gizi Rumah Sakit Hasan sadikin, Bandung dr. Asep ahmad Munawar, seperi jambur.com kutip dari kompas (23/6/2015).

Protein mempunyai peranan lebih penting dalam pembentukan biomolekul daripada sumber energi lain seperti lemak dan karbonhidrat. Selain itu, protein merupakan zat makanan yang lebih lama diolah organ pencernaan dibanding zat makanan lain.

“Dengan mengonsumsi protein saat sahur, energi yang diolah akan tahan lama sehingga orang yang berpuasa tidak terlalu cepat merasakan lapar,” jelas Asep

Sumber makanan yang mengandung protein hewani diantaranya daging, telur, dan ikan, selain protein daging dr. Asep juga menyarankan saat sahur umat muslim juga mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan berserat, karena relatig lama untuk dicerna sehingga kita merasa kenyang lebih lama.

About Don

Senior Editor Jambur.com

Recommended for you