Ekonomi

Franz Magnis Suseno : Saya Anggap Kebijakan Itu Kesombongan Dan Kekerasan Kepada Orang Miskin

on

Jambur.com – Menyingkirkan orang kecil bukan hal yang aneh di Indonesia. Kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah sering sekali tidak adil bagi masyarakat kecil. Seperti yang baru-baru ini ada wacana akan diterapkannya larangan sepeda motor melintas di sejumlah ruas jalan utama di Ibu Kota. Banyak pihak mengkeritik dan menyatakan bahwa kebijakan itu tidaklah adil bagi orang miskin yang mayoritas di negara ini. Salah satu orang yang mengkeritik adalah Guru Besar Emiritus Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Franz Magnis Suseno.

“Saya ingin membuat jelas bahwa itu tidak adil dan dianggap sebagai suatu kekerasan kelompok (oleh) yang sekarang sudah kaya. Sangat tidak benar kalau orang yang hidupnya sudah berat, jadi semakin berat lagi oleh orang yang hidupnya gampang,” kata Franz.

Menurut Franz, akibat dari kebijakan itu jika diterapkan, pasti akan banyak kalangan masyarakat kecil yang sehari-harinya beraktivitas dan bekerja menggunakan sepeda motor jadi terganggu.

“Saya anggap kebijakan itu semacam kesombongan dan kekasaran mereka yang pakai mobil terganggu oleh mereka yang pakai motor dan memanfaatkan kesempatan untuk membatasi,” ucap Franz, yang kerap mengendarai sepeda motor jenis skuter miliknya, sebagaimana dikutip dari, kompas.com, (6/9/17)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana memperpanjang kawasan pelarangan sepeda motor dari Jalan MH Thamrin hingga Jalan Sudirman, tepatnya di Bundaran Senayan.

Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta mengaku telah melakukan kajian kebijakan tersebut dan akan melakukan uji coba pelarangan pada 12 September 2017 meski mendapat penolakan dari berbagai pihak.

About Elfanta Purba

Penulis Lepas Tentang Politik, Tips dan Trik

Recommended for you