Berita

Gugatan Ditolak Bawaslu, PKPI Gagal Jadi Peserta Pemilu 2019

on

Jambur.com,Jakarta-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI telah menolak permohonan gugatan dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

“Memutuskan pada eksepsi, permulaan eksepsi termohon dalam pokok perkara bahwa permohonan ditolak untuk seluruhnya,” ucap Ketua Majelis Sidang Adjudikasi Abhan di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Selasa, (6/3/2018).

Menurut Bawaslu, syarat dalam kepengurusan dan keanggotaan PKPI secara kumulatif belum memenuhi syarat (TMS) di 4 provinsi dan 73 kabupaten/kota.

“Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Papua dinilai belum memenuhi syarat sebagaimana yang disyaratkan oleh UU Pemilu,” ucap anggota Majelis lainnya, Fritz Edward Siregar.

Syarat yang harus dipenuhi agar dapat mengikuti Pemilu 2019, partai politik harus memiliki kepengurusan diseluruh provinsi dan sebanyak 75 persen kepengurusan kabupaten/kota di provinsi yang bersangkutan.

Partai politik juga wajib mempunyai keanggotaaan minimal sebanyak 1.000 orang atau 1 per 1.000 dari jumlah penduduk pada kepengurusan partai politik dengan bukti kepemilikan kartu tanda anggota (KTA) yang ada di tingkat pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota, sampai pada tahapan akhir Pemilu.

“Pemohon tidak bisa membuktikan bahwa sudah memenuhi persyaratan. Maka dari itu, permohonan pemohon ditolak,” kata Fritz.

“Karena ketidakterpenuhan persyaratan menjadi peserta pemilu 2019, maka Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) tidak dapat ikut serta dalam Pemilu 2019,” sambungnya.

Pada isi permohonannya, PKPI meminta agar Bawaslu memerintahkan KPU untuk membatalkan keputusan KPU tentang penetapan partai politik peserta pemilu dan menetapkan PKPI sebagai peserta Pemilu 2019.

PKPI menggugat KPU terkait keputusan KPU terkait peserta Pemilu 2019. Dalam putusannya, KPU memutuskan PKPI tidak lolos menjadi peserta pemilu karena syarat keanggotaan yang belum terpenuhi.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you