Berita

Tiba Di Korea Utara, Delegasi Korea Selatan Akan Bertemu Kim Jong Un

on

Jambur.com,Pyongyang-Delegasi Korea Selatan dikabarkan telah tiba di Pyongyang pada Senin (5/3/2018) dan dipastikan juga akan bertemu dengan pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un.

“Telah disepakati, mereka akan hadir pada sebuah pertemuan,lalu akan makan malam dengan Kim Jong-un,” kata juru bicara kepresidenan Korea Selatan, Kim Eui-kyeom.

Selaku pimpinan delegasi, Kepala Keamanan Nasional Korsel, Chung Eui-yong, menyebutkan bahwa dia akan membahas dan diskusi lebih mendalam tentang upaya melanjutkan pembicaraan antara Korea Utara dan komunitas internasional, termasuk juga Amerika Serikat.

“Selain itu, saya akan memulai komunikasi jelas terkait upaya dan keinginan presiden, yang menginginkan denuklirisasi di Semenanjung Korea, menciptakan perdamaian dengan memanfaatkan dialog antar-Korea, serta mempererat hubungan yang dibangun sejak Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang,” kata Chung Eui-kyeom.

Hubungan antara Korea Utara dan Korea Selatan mulai membaik setelah Kim Jong-un mengisyaratkan keinginan negaranya mengikuti Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang lewat pidato politiknya di awal tahun.

Presiden Korsel, Moon Jae-in, pun langsung menyambut baik isyarat tersebut dan meminta seluruh jajarannya agar menyiapkan dan menyambut kehadiran delegasi Korea Utara di tengah krisis karena sanksi internasional.

Korea Selatan merogoh kantong sampai miliaran dolar untuk menjamu delegasi Korea Utara. Hasil yang diperoleh dinilai setara jika melihat adik Kim Jong-un, Kim Yo-jong, begitu disambut di Istana Kepresidenan Korea Selatan, bahkan menonton konser bersama Moon Jae-in.

Membaiknya hubungan antara Korea Selatan dan Korea Utara ini memunculkan asumsi akan lahirnya pembahasan langsung di masa depan antara Pyongyang dan Washington, sekutu Seoul.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you