Berita

Budi Waseso: Saya Lebih Gila Dari Presiden Duterte

on

Jambur.com,Jakarta-Mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso mengatakan dia lebih gila dari Presiden Filipina Rodrigo Duterte dalam memberantas narkotika serta obat-obatan terlarang di Indonesia.

Pernyataan itu diungkapkan sekaligus akan kekecewaannya terhadap oknum di lembaga pemasyarakatan. Menurut Buwas, BNN selama ini telah bekerja keras menciduk jaringan pengedar narkoba, namun oknum Lapas malahan bekerja sama dengan mereka.

“Orang-orang itu (oknum lapas dan jaringan narkoba) jangan dipidanakan lagi, bantai saja. Saya lebih gila dari Duterte, hanya saja tidak memiliki kewenangan saja,” kata Buwas saat jumpa pers serah terima jabatan Kepala BNN di Kantor BNN, Cawang, Jakarta, Senin (5/3/2018).

Presiden Filipina, Duterte merupakan Presiden yang dikenal oleh dunia internasional sebagai presiden yang aktif memburu narkotika. Bahkan Duterte tidak segan-segan memberi hukuman mati terhadap para pihak yang terlibat jaringan narkotika di Filipina.

Buwas mengatakan, di tahun 2017 BNN telah menangani sekitar 29 ribu kasus peredaran narkotika di Indonesia. Lebih dari 90 persen kasus melibatkan jaringan di dalam lapas.

“Kita cuma menjadi pemadam kebakaran, ini jadi pekerjaan sia-sia BNN. Hanya tempatnya yang berganti ke lapas,” ujar Buwas.

Buwas mengaku menyesal karena tidak mempunyai kewenangan di ranah lapas sejak menjabat sebagai Kepala BNN dari tanggal 8 September 2015 lalu. Kewenangan itu ada pada Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Buwas hanya dapat memberikan gagasan, seperti yang dilakukannya pada 2015 lalu. Buwas memberi usulan agar ada baiknya untuk membangun lapas di pulau-pulau terluar khususnga kepada para terpidana jaringan narkotika. Tidak ketinggalan, ia menyertakan buaya sebagai penjaga lapas menggantikan manusia yang menurutnya gampang diintervensi dengan iming-iming materi.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you