Berita

Bawaslu Nyatakan Partai Bulan Bintang (PBB) Sah Sebagai Peserta Pemilu 2019

on

Jambur.com,Jakarta-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memutuskan Partai Bulan Bintang (PBB) resmi sebagai peserta Pemilu 2019. Keputusan itu dinyatakan oleh Bawaslu pada sidang ajudikasi PBB dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Gedung Bawaslu, Minggu (4/3/2018).

“Memutuskan dalam eksepsi termohon dalam pokok perkara mengabulkan permohonan untuk seluruhnya. Kedua, menyatakan Partai Bulan Bintang (PBB) memenuhi syarat sebagai peserta pemilu DPR, DPRD provinsi dan kabupaten kota 2019,” ucap Ketua Bawaslu Abhan saat membacakan putusan sidang.

Keputusan itu sekaligus memerintahkan KPU agar membatalkan Surat Keputusan (SK) Pemilu No. 58/PL.01.1.-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang penetapan partai politik peserta Pemilu 2019. Karena dalam keputusan itu, KPU menyatakan PBB tidak memenuhi syarat sebagai peserta pemilu.

“Memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar menetapkan PBB sebagai partai politik peserta pemilu 2019 dan memerintahkan KPU agar melaksanakan paling lambat 3 hari sejak putusan ini dibacakan,” sambung Abhan membacakan putusan.

Meski begitu, KPU masih dapat mengajukan gugatan terkait keputusan Bawaslu yang memenangkan PBB ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN).

Sebelumnya PBB dinyatakan tidak memenuhi syarat verifikasi parpol calon peserta Pemilu 2019 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Pemilu Nomor 58/PL.01.1.-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang penetapan parpol peserta Pemilu 2019.

Alasannya, PBB dinilai tidak memenuhi syarat verifikasi di Kabupaten Manokwari Selatan sehingga mengakibatkan tidak memenuhi syarat verifikasi di Provinsi Papua Barat.

PBB pun melayangkan gugatan kepada Bawaslu RI pada 19 Februari 2018 lalu. Sidang mediasi antara PBB dengan KPU RI juga telah dilakukan tetapi tidak menghasilkan titik temu.

Alhasil, sengketa tersebut harus berlanjut ke sidang adjudikasi Bawaslu RI. Agenda sidang yang berlangsung hari ini mendengarkan keterangan ahli dari Pemohon.

PBB sendiri meminta Bawaslu RI membatalkan Surat Keputusan (SK) Pemilu Nomor 58/PL.01.1.-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang penetapan parpol peserta Pemilu 2019. PBB juga meminta diloloskan oleh Bawaslu RI menjadi peserta Pemilu mendatang.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you