Berita

Jonru Ginting Divonis 1,5 Tahun Penjara Plus Denda Rp 50 Juta

on

Jambur.com,Jakarta-Jon Riah Ukur Ginting alias Jonru telah divonis penjara oleh majelis hakim selama 1 tahun enam bulan dan denda sebesar Rp50 juta juta di Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Jumat, (2/2/2018).

Jonru Ginting dinilai telah terbukti dengan sengaja memberitakan atau menyebarluaskan informasi yang dapat menimbulkan rasa kebencian serta permusuhan yang lebih tepatnya mengandung unsur-unsur SARA di media sosial.

Ada tiga kiriman Jonru yang disebarkan lewat posting-an di fanpage Facebook miliknya. Posting-an pertama pada 23 Juni 2017 soal Quraish Shihab, yang akan menjadi khatib salat id di Masjid Istiqlal. Kedua, posting-an terkait Syiah bukan bagian dari Islam pada 15 Agustus 2017. Ketiga, posting-an soal Indonesia belum merdeka dari jajahan mafia China pada Kamis, 17 Agustus 2017.

“Menyatakan saudara Jonru Gintang telah terbukti sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana menyebarkan informasi kebencian dan permusuhan SARA,” ucap ketua majelis hakim, Antonio Simbolon saat membacakan amar putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jumat (2/2/2018).

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa selama penjara 1 tahun 6 bulan dan denda sebesar Rp50 juta,” tutup hakim.

Jika denda yang telah disebutkan tidak dibayar, maka wajib digantikan dengan tiga bulan kurungan.

Menurut hakim, dakwaan jaksa penuntut umum sebagaimana pada pasal 28 ayat (2) Juncto Pasal 45A ayat (2) UU No. 11 Tahun 2008 sebagaimana diubah dengan UU No. 19 tahun 2016 Tentang perubahan atas UU No. 11 tahun 2008 Tentang informasi dan transaksi elektronik (UU ITE) telah terpenuhi.

Hukuman yang diberikan terhadap Jonru Ginting ini lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum yaitu dua tahun penjara.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you