Berita

KPU: Dilarang Memasang Gambar Tokoh Nasional Seperti Soekarno, Soeharto, Habibi, Gusdur Saat Kampanye

on

Jambur.com,Jakarta-Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU) RI membuat larangan kepada partai politik peserta pemilu untuk memasang gambar para tokoh nasional yang bukan pengurus partai politik pada alat peraga kampanyenya.

Misal seperti, gambar Presiden pertama, Ir. Soekarno, Presiden kedua, Soeharto, Presiden ketiga B J Habibie, Jenderal Besar Soedirman, pendiri Nahdhatul Ulama KH Hasyim Asy’ari.

“Itu tidak diperkenankan terdapat pada alat peraga kampanye. Bukan tidak suka. Bukan pengurus parpol sehingga tidak bisa dalam alat peraga kampanye,” ujar Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Senin (26/2/2018).

Berbeda hal nya dengan tokoh nasional seperti Presiden ke lima Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ke enam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Karena kedua tokoh tersebut adalah pimpinan partai politik di Indonesia.

Megawati adalah Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Sementara SBY adalah Ketua Umum Partai Demokrat.

“Megawati dan SBY bisa, sebab mereka adalah pengurus partai politik. BJ Habibie tidak bisa, karena bukan pengurus partai politik. Pak Soeharto tidak bisa, beliau juga bukan pengurus partai politik,” ujar Wahyu.

KPU juga menegaskan, semua tokoh nasional yang bukan pengurus dari suatu parpol tak bisa dipasang dalam alat peraga kampanye partai.

“Semua figur bukan pengurus partai tidak bisa masuk ke dalam alat peraga yang difaslitasi KPU. Siapa pun kecuali dalam hal kepentingan rapat internal. Ini yang difasilitasi oleh KPU,” kata Wahyu.

Desainer serta materi konten alat peraga kampanye juga wajib dan harus melaporkan kepada KPU agar dinilai apakah sesuai dengan aturan atau tidak.

“Untuk memastikan apakah design serta materi alat peraga kampanye sesuai ketentuan. Maka design dan materi dilaporkan kepada KPU agar diperiksa. Memastikan tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku,” tuturnya.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you